SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, sepertinya tak mengubris rekomendasi DPRD untuk menunda rencana revitalisasi Pasar Pasar Kliwon dan mengalihkan anggarannya ke Pasar Depok. Persiapan pelaksanaan pembangunan baik teknis maupun non teknis revitalisasi Pasar Kliwon pun masih terus dilanjutkan.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo mengatakan anggaran revitalisasi Pasar Pasar Kliwon sudah menjadi keputusan bersama antara Pemkot dan DPRD yang tertuang dalam APBD 2012. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi pihaknya untuk tidak melaksanakannya. Jika ada kekurangan anggaran akan diusulkan dalam APBD perubahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Persiapan masih jalan terus. Terutama untuk persiapan administrasi berupa lelang proyek dan non teknis berupa pasar darurat. Memang perlu waktu karena semuanya harus dilakukan benar, rencananya benar, pelaksanaan benar dan pemanfaatannya juga benar,” jelas Subagiyo, saat diwawancarai wartawan di Balaikota, Kamis (19/1/2012).

Subagiyo mengatakan saat ini masih menyusun kepanitiaan. Setelah itu baru mengumumkan lelang pengadaan secara elektronik (LPSE). Jika semua berjalan lancar diperkirakan Maret atau April pengerjaan fisik pembangunan sudah bisa dimulai.

Pembangunan akan dilakukan secara total sehingga seluruh pedagang harus pindah sementara ke pasar darurat. Mengenai lokasinya, Subagiyo mengatakan belum diputuskan apakah akan di sebelah timur Benteng Vastenburg atau di Jl Untung Suropati.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto juga mengatakan rencana pembangunan Pasar Pasar Kliwon tetap berjalan sesuai rencana. Budi mengatakan kekurangan anggaran yang disampaikan kalangan DPRD sebagai alasan penundaan itu dikarenakan hal-hal non teknis.

“Seperti diketahui pasar itu kan sudah lama dipakai untuk hunian. Untuk penyelesaian masalah itulah salah satunya yang menyebabkan anggarannya kurang,” kata Budi, Kamis.

Seperti diberitakan, Komisi III DPRD mengusulkan rencana pembangunan Pasar Pasar Kliwon ditunda hingga tahun depan. Alasannya anggaran yang disiapkan dalam APBD 2012 senilai Rp 4 miliar kurang jika dibandingkan analisa konsultan yang menaksir pembangunan itu menyedot anggaran hingga Rp 7,08 miliar. Selanjutnya anggaran Rp 4 miliar itu akan direkomendasikan untuk dialihkan ke Pasar Depok yang juga akan dibangun. Rekomendasi itu akan disampaikan ke Pimpinan Dewan agar dimasukkan dalam pembahasan RAPBD Perubahan. JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya