SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Revitalisasi cagar budaya Pasar Johar Semarang sudah mencapai 94% setelah terbakar tahun 2015.  Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan, pembangunan Pasar Johar hanya kurang instalasi listrik serta perbaikan saluran air untuk pembuangan. 

“Tadi pagi saya sudah tinjau langsung untuk pembangunan Pasar Johar secara fisik sudah selesai, progresnya saya rasa cukup cepat,” kata Danis di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (5/7/2019).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR berada di bagian tengah dan utara pasar dengan nilai kontrak konstruksi senilai Rp146,09 miliar dengan kontraktor PT Nindya Karya. Pekerjaan yang dilakukan di antaranya rehabilitasi bangunan, pekerjaan rangka atap lengkung, mekanikal elektrikal, pemasangan paving, pemasangan tegel los penjual daging, pengecatan rangka meja lapak dan pembuatan bak kontrol drainase.

Sementara itu, revitalisasi bangunan depan pasar dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang. Renovasi bangunan cagar budaya disesuaikan dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, mulai dari perencanaan hingga pembangunan. Di samping itu, renovasi mengutamakan prinsip pelestarian bangunan cagar budaya.

Dia menambahkan selain Pasar Johar, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan proyek revitalisasi Kota Lama Semarang. Kendati demikian, pihaknya juga mempunyai tugas menyelesaikan proyek Kampung Bahari di kawasan Tambak Lorok. 

“Tahun ini untuk Semarang kami menyelesaikan dua proyek yakni Pasar Johar dan Revitalisasi Kota Semarang. Sekarang hanya tinggal menyelesaikan pembangunan Kampung Bahari Tambak Lorok,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, Kementerian PUPR juga sedang menyelesaikan proyek lain di Jawa Tengah selain di Kota Semarang, seperti revitalisasi Stadion Manahan di Kota Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya