SOLOPOS.COM - Maket revitalisasi Pasar Godean Sleman, Yogyakarta. ANTARA/HO-Disperindag Sleman.

Solopos.com, SLEMAN — Revitalisasi Pasar Godean di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini mulai dilakukan, yaitu tahap pembongkaran atau demolish. Rencananya, pasar tersebut bakal ditambahi fasilitas taman terbuka hijau, foodcourt, dan sejumlah fasilitas lain.

“Akan ada taman terbuka hijaunya di lantai 1 dan foodcourt di lantai 2. di lantai 3 untuk kantor unit pelaksana teknis pasar. Rencananya akan disediakan lift untuk barang juga,” kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Senin (6/2/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, di area Pasar Godean juga akan disediakan tempat untuk ngopi dan tempat untuk menampilkan kreatifitas potensi anak-anak muda di rooftop.

“Insya Allah nanti jika sudah selesai, Pasar Godean akan jadi tempat yang bagus dan lebih baik,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini tahapan revitalisasi Pasar Godean telah memasuki pengerjaan demolish (pembongkaran) yang telah dimulai sejak 10 Januari 2023. Diperkirakan tahapan tersebut akan selesai pada akhir Februari ini.

“Setelah tahapan pengerjaan demolish, akan dilanjutkan pada tahapan penyiapan lahan hingga April. Setelah itu, diharapkan pada Mei akan dimulai proses pembangunan. Diharapkan saat nanti saat proses penyiapan lahan, sudah ada pemenang [tender]. Dan April sudah bisa mulai dibangun,” kata dia.

Kustini mengatakan, revitalisasi Pasar Godean menggunakan anggaran yang bersumber dari APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bangunan yang nantinya akan mampu menampung sekitar 1.837 pedagang itu, ditargetkan selesai satu tahun pengerjaan sejak ditetapkannya pemenang lelang.

“Anggarannya mencapai Rp101 miliar dari APBN Kementerian PUPR. Untuk pelaksana pembangunan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah [BP2W] DIY,” katanya pula.

Ia berharap dengan wajah baru Pasar Godean, aktivitas perekonomian akan lebih meningkat karena bangunan dan fasilitasnya sudah bagus.

“Nanti setelah bangunan dan fasilitas sudah bagus, maka pedagang dan pengunjung semakin nyaman. Diharapkan geliat perekonomian lebih meningkat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya