Kafe di sudut Kota Lama Semarang, Minggu (2/6/2019) petang. (Antara-Achmad Zaenal M.)

Solopos.com, SEMARANG — Revitalisasi lanjutan kawasan Kota Lama Semarang Jawa Tengah dijadwalkan mulai dilaksanakan pada September 2019. "Ada beberapa hal yang akan digarap di revitalisasi tahap kedua, seperti infrastruktur, museum, serta pengerjaan furniture di sekitar jalanan di kawasan Kota Lama," kata Wali Kota Hendrar Prihadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/8/2019).

Melalui revitalisasi tahap akhir itu, wali kota berharap kawasan Kota Lama akan menyandang predikat sebagai salah satu warisan dunia UNESCO 2020. Revitalisasi tahap pertama sendiri, kata dia, sudah selesai. Sekitar 80% dari 116 bangunan cagar budaya di kawasan itu juga telah mengalami revitalisasi. Bahkan, menurut wali kota, bangunan-bangunan tersebut juga sudah dimanfaatkan secara langsung sebagai kawasan bisnis dan ekonomi.

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—lalu menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk para pemilik bangunan cagar budaya di kawasan Kota Lama. "Ini bukan semata kerja pemerintah, namun seluruh pihak yang turut mendukung," katanya.

Kawasan Kota Lama Semarang  telah rampung direvitalisasi untuk tahap pertama oleh Kementerian PUPR dengan  memugar sejumlah bangunan tua sekaligus infrastruktur pendukung. Revitalisasi dengan anggaran sekitar Rp183 miliar yang dilakukan sejak 2017 itu guna menghidupkan kawasan cagar budaya dengan julukan ‘Little Netherland’ yang dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda sekitar abad ke-18 dan saat ini menjadi tujuan wisata utama di Kota Semarang.

">KLIK dan ">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten