SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengukur lingkar perut setelah melakukan diet, (healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Diet merupakan cara yang paling ampuh untuk mendapatkan berat badan ideal. Ada berbagai macam diet yang telah dikembangkan oleh para ahli kesehatan. Lalu seperti apakah diet yang paling populer di dunia?

Teknik diet yang dapat menurunkan berat badan secara signifikan tentu menjadi pilihan diet bagi seseorang yang bermasalah dengan kelebihan berat badan. Fasilitas mesin pencari atau search engine Google merilis diet terpopuler sepanjang tahun 2013 berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari penguna Internet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lima diet terpopuler sepanjang 2013 versi Google itu, Rabu (18/12/2013), dipublikasikan laman aneka berita Huffingtonpost.

 

Paleo diet di urutan pertama

Ekspedisi Mudik 2024

 

Paleo Diet

Ilustrasi menu paleo diet (t3-fitness.com)

Ilustrasi menu paleo diet (t3-fitness.com)

Tidak mengherankan jika paleo diet merupakan teknik diet yang paling sering dicari di mesin pencari Google. Diet paleo merupakan teknik diet yang menganjurkan kita untuk kembali ke pola makan hidup nenek moyang, manusia prasejarah.

Seseorang yang melakukan diet paleo dapat memakan semua jenis makanan. Catatan pentingnya adalah, menju yang ia konsumsi itu bukan makanan yang terbuat dari gula halus, tepung hasil olahan bahan baku berkarbohidrat, dan daging olahan. Sama seperti manusia prasejarah yang belum menguasai penghalusan bahan makanan dan mengolah daging-dafingan.

 

Selanjutnya juice cleanse diet

Juice Cleanse Diet

Ilustrasi menu juice cleanse diet (mindbodygreen.com)

Ilustrasi menu juice cleanse diet (mindbodygreen.com)

Juice cleanse diet berada di urutan kedua daftar kata kuncu diet yang paling dicari netizens di Google sepanjang 2013. Cara melakukan diet ini adalah dengan puasan makan apapun selama 14 hari.

Pelaku diet ini hanya diperbolehkan mengonsumsi buah dan sayur yang telah dijus sebelumnya. Namun, beberapa ahli menganggap diet ini belum dapat terbukti keampuhannya.

Pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013, seorang laki-laki yang menjalani diet ini memang mengalami penurunan asam kolesterol dan lemak setelah berpuasa selama 8 hari. Tetapi ternyata penurunan tersebut tak berlangsung lama. Setelah mereka tak lagi berpuasa ternyata kondisinya kembali ke level awal sebelum melakukan diet.

 

Selanjutnya mediterranean diet

 

Mediterranean Diet

Ilustrasi struktur diet mediterania (huahintoday.com)

Ilustrasi struktur diet mediterania (huahintoday.com)

Mediterranean diet atau diet ala Mediterania berada di urutan ke-3 di antara semua kata kunci terkait diet yang paling dicari netizens di Google sepanjang 2013. Diet ini dilakukan berdasar kebiasaan atau tradisi pola makan orang Yunani, Spanyol, Italia, dan negara-negara Mediterania.

Diet ini menekankan pelakunya untuk makan makanan dengan lemak tak jenuh yang terdapat pada buah-buahan segar, sayur, dan kacang-kacangan. Pola makan pun dibagi berdasarkan harian, mingguan, dan bulanan. Hidangan tertentu boleh dikonsumsi setiap hari, namun yang lain cukup sepekan sekali atau satu bulan sekali.

Berdasarkan sebuah studi yang melibatkan 10.000 wanita, pelaku diet ini mengalami peningkatan kesehatan setelah melakukan diet ala Mediterania ini.

 

Berikutnya master cleanse diet

 

Master Cleanse Diet

Ilustrasi menu master cleanse diet termasuk diapers yang mungkin dibutuhkan para pelakunya (calorielab.com)

Ilustrasi menu master cleanse diet termasuk diapers yang mungkin dibutuhkan para pelakunya (calorielab.com)

Kata kunci terkait diet yang ke-4 paling dicari netizens melalui Google adalah master cleanse diet. Pelaku diet ini tidak diperbolehkan makan makanan padat. Asupan yang boleh dikonsumsi hanyalah minuman masam, seperti air jeruk. Karena itu, diet ini juga dikenal sebagai lemonade diet.



Setelah 10 hari menjalani diet ketat tahap pertama master cleanse diet, barulah pelaku diet ini dapat mengonsumsi makanan sedikit demi sedikit. Tahap ke-2 diet ini dapat dimulai dengan jus dan sup hingga bertahap untuk mengonsumsi daging.

Diet yang terbilang ekstrem ini dipopulerkan oleh Beyonce. Tetapi perlu diingat pula, mengingat ekstremnya diet ini, Anda tidak dianjurkan mengikuti master cleanse diet ini.

 

 

Kelima, ketogenic diet

 

Ketogenic Diet

Ilustrasi menu ketogenic diet yang mestinya disusun untuk pasien penyakit kronis (naturalhealth365.com)

Ilustrasi menu ketogenic diet yang mestinya disusun untuk pasien penyakit kronis (naturalhealth365.com)

Diet ke-5 paling dicari di Google selama 2013 adalah ketogenic diet. Diet ini merupakan diet yang menerapkan konsumsi protein, makanan berlemak tinggi, tetapi mengindari karbohidrat olahan.



Pada mulanya diet ini diciptakan sebagai pengobatan bagi orang dengan penyakit kronis. Trtapi beberapa orang menganggap bahwa manajemen diet ini baik pula untuk mengatur berat badan.

Pada kenyataannya, asumsi bahwa diet untuk penyakit kronis ini tepat pula bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan itu tidaklah benar. Pasalnya, diet ketogenik justru dapat menyebabkan komplikasi termasuk kolesterol tinggi dan sembelit kronis.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya