Tutup Iklan

RETRIBUSI SOLO : Hotel dan Restoran Juga Akan Kena E-Retribusi

RETRIBUSI SOLO : Hotel dan Restoran Juga Akan Kena E-Retribusi

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo (kanan) didampingi Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono menjajal alat e-retribusi dalam acara peluncuran program e-retribusi untuk Pasar Gede Hardjonagoro dan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan di lapangan parkir sisi barat Pasar Gede, Sabtu (1/10/2016). Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos

Retribusi Solo, Pemkot akan menyasar e-retribusi di hotel dan restoran.

Solopos.com, SOLO--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Bank Tabungan Negara (BTN) secara resmi meluncurkan penerapan program elektronik retribusi (e-retribusi) untuk Pasar Gede Hardjonagoro dan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan di lapangan parkir sisi barat Pasar Gede, Sabtu (1/10/2016). Selain pasar tradisional, kebijakan tersebut juga akan diterapkan untuk hotel dan restoran.

Direktur Utama BTN, Maryono, mengatakan e-retribusi menjadi salah satu upaya untuk mengurangi transaksi tunai yang tengah digalakkan Pemerintah. Menurutnya, program pembayaran secara elektronik itu akan menyajikan keterbukaan, efisiensi dan keakuratan bagi pemerintah daerah.

“Kami berharap nilai retribusi juga akan meningkat. E-retribusi akan meningkatkan efisiensi dari pemkot sehingga dana yang masuk bisa dimaksimalkan untuk pembangunan atau renovasi pasar,” ujarnya kepada wartawan di sela acara, Sabtu.

Pihaknya merasa terhormat karena mendapatkan kepercayaan dari Pemkot Solo untuk menjadi mitra dalam program e-retribusi di seluruh Kota Solo. Ia mengakui, kesempatan itu adalah kesempatan perdana bagi BTN untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah.

“Kalau di Pasar Gede bisa berhasil, program ini akan kami tawarkan ke pemerintah lain. Kami sedang menjajaki kerja sama dengan D.I. Yogyakarta, Jawa Timur dan DKI Jakarta kemudian di luar Jawa,” kata dia.

Alat untuk membayar e-retribusi rencananya dipasang di seluruh pintu masuk pasar. Dengan demikian, diharapkan tidak ada antrean dari para pedagang pasar.

Direktur BTN, Catur Budi Harto, menambahkan kerja sama di bidang e-retribusi dengan Pemkot Solo adalah modal awal untuk memperkuat fondasi bisnis di masa depan. Pada step awal, ia berharap para pedagang pasar membuka rekening di BTN. Seiring berjalannya waktu, BTN akan memberikan berbagai layanan kepada masyarakat, khususnya pedagang.

“Berapa jumlah pedagang pasar? Itu nilai potensi nasabah kami,” kata dia.

Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, mengatakan e-retribusi akan diberlakukan tak hanya di seluruh pasar tradisional, tetapi pedagang kaki lima (PKL) yang bertempat di shelter, hotel dan restoran. Ia mengimbau para pedagang agar tidak menganggap sistem baru bakal menyusahkan mereka.

“Moratorium aparatur sipil negara (ASN) belum dicabut. Kalau pemkot enggak efisien, pemkot enggak bisa jalan. Saya bukannya tidak percaya dengan pemungut retribusi. Tapi akan ada efisiensi sumber daya manusia (SDM) untuk kepentingan lain,” kata dia dalam sambutannya, Sabtu.

Ia menjelaskan e-retribusi memiliki beberapa tujuan seperti membangunan kepercayaan pedagang kepada pemerintah, efisiensi karcis retribusi, efisiensi waktu, mengajak pedagang berhubungan dengan perbankan dan melatih menabung.

“Kami akan evaluasi penerapan e-retribusi setiap tiga bulan. Ini bukan paksaan. Tapi kita harus berani ubah perilaku untuk lebih baik. Hotel dan restoran mau saya berlakukan [e-retribusi] supaya saya tidak kena gebukan terus. Katanya sepi, tapi kalau dilihat penuh. Kalau semua ini bisa pakai elektronik semua, kepercayaan akan muncul. Pertumbuhan ekonomi juga bisa dilihat,” papar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.

Fascino 125, Skutik Berfitur Hybrid dari Yamaha

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan sepeda motor skuter matik berfitur hybrid pada Fascino 125.

Ikut Rewangan Akikahan, 8 Keluarga di Purbayan Baki Sukoharjo Kena Covid-19

Delapan keluarga di satu perumahan di kawasan Purbayan, Baki, Sukoharjo, terpapar Covid-19 setelah ikut rewangan akikah.

Ketua GP Ansor Solo Dukung Gibran Tutup Lokasi Pendidikan Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam

Ketua GP Ansor Solo, Arif Syarifuddin, menyayangkan aksi perusakan makam yang dilakukan oleh anak-anak seusia sekolah dasar.