Rest Area di Kabupaten Brebes Ini Berikan Nuansa Klasik

Rest area ini merupakan hasil proses revitalisasi pabrik gula yang sekarang menjadi rest area kekinian.

 Rest Area KM260B Banjaratma Kabupaten Brebes (ISumber: Detik.com)

SOLOPOS.COM - Rest Area KM260B Banjaratma Kabupaten Brebes (ISumber: Detik.com)

Solopos.com, BREBES— Bagi pemudik atau pelaku perjalanan yang sering melewati jalur pantura di Jawa Tengah melalui tol, pasti sudah mengenal Rest Area Km 260B Banjaratma yang ada di Kabupaten Brebes. Rest area ini merupakan hasil proses revitalisasi pabrik gula yang sekarang menjadi rest area kekinian.

Di kalangan pengguna jalan tol dan pemudik, kehadiran rest area ibarat sebuah oase di tengah padang gurun karena seperti namanya, para pelaku perjalanan bisa sejenak beristirahat setelah mengemudi dalam waktu yang lama dan tidak banyak rest area yang unik.

Mengutip Detik.com, Sabtu (31/7/2021), rest area dengan gaya kekinian ini dibuka sejak 17 Maret 2019 silam dan berlokasi di Tol Pejagan –Pemalang. Rest area ini merupakan Pabrik Gula (PG) Banjaratma yang beroperasi sejak 1913 di bawah pemerintahan kolonial Belanda dan akhirnya gulung tikar pada tahun 1998 karena tingginya biaya operasioal. Tak berapa lama, bangunan pun ditetapkan sebagai cagar budaya.

Baca Juga : Jembatan Merah, Berdiri Megah Setelah Terjangan Badai Cempaka

UMKM di Rest Area KM260B Banjaratma
UMKM di Rest Area KM260B Banjaratma (Sumber: Detik.com)

Dari yang sebelumnya tidak terurus, sinergi BUMN pun melirik PG Banjaratma karena lokasinya yang dekat sekali dengan jalan tol. Pemugaran pun dimulai dan detak jantung PG Banjaratma kembali berdenyut sebagai rest area yang kekinian.

Bangunan rest area ini besar dan terlihat jelas dari kejauhan. Memasuki area PG, para pengunjung sudah pasti akan terpukau dengan bangunan cagar budaya tersebut yang sangat vintage dan memiliki kesan klasik.

Dari bagian depan, sekilas masih tampak jelas jejak masa lampau PG Banjaratma di masa jayanya. Tembok bata yang sedikit terkelupas dan menampakkan warna merah aslinya, menandakan lama perjalanannya.

Baca Juga: 5 Tempat Angker di Banyumas, Salah Satunya Gunung Slamet

Masuk ke dalamnya, kesan lawas itu pun hilang lewat panorama berupa deretan booth kuliner dan UMKM yang ditata berjajar. Sisa-sisa bata merah dan besi lawas bekas alat pemrosesan gula menyatu dengan bangku dan meja yang kekinian.

Booth yang hadir pun bervariasi, mulai dari penjaja makanan hingga minuman dengan aneka menu. Ada pula UMKM yang menjajakan kopi serius layaknya di kafe kekinian dan dinikmati sambil mengagumi bangunan klasik era kolonal yang memukau.

Bahkan apabila diperhatikan, pelaku perjalanan masih bisa menemukan beberapa detail autentik dari eks pabrik gula tersebut. Contohnya seperti nama pembuat tiang besi yang namanya terpatri di sisi tiang hingga tegel lama yang menghiasi salah satu sisi dindingnya. Tentunya cocok bagi kamu yang menikmati sejarah.

Sedangkan di sisi luar, pelaku perjalanan bisa melihat bekas lokomotif uap jadul yang dahulu digunakan untuk mengangkut pohon tebu. Meskipun sudah tidak berfungsi, kehadirannya menjadi pengingat akan masa kejayaan pabrik gula sekaligus spot foto bagi kaum milenial.

Bagi para pelaku perjalanan yang akan melakukan rehat di rest area ini dan kebetulan juga bensinnya hampir habis, Rest Area KM 260 B juga menyediakan petamini. Selain itu, rest area ini juga terdapat masjid bagi umat Muslim yang hendak menjalankan ibadah salat.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jembatan Tiba-tiba Ambrol, Seorang Ibu Hilang Terbawa Arus

Seorang warga Kebumen, Jawa Tengah hanyut terbawa arus sungai ketika jembatan yang dilewatinya tiba-tiba ambrol.

Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Polda Jateng mengungkap identitas warga negara asing atau WNA asal Turki yang menjadi otak kejahatan skimming kartu ATM di wilayahnya.

Netizen Curhat Vaksin Berbayar Rp300.000, Ini Reaksi Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat laporan dari warganet terkait vaksin Covid-19 berbayar Rp300.000 di wilayahnya.

Mantap! Bus Listrik Bakal Jadi Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mewacanakan penggunaan bus listrik untuk transportasi umum.

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.

Dibawa dari Aceh, 19,3 Kg Ganja Disita BNN di Magelang

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap seorang pengedar narkoba yang membawa 19,3 kg ganja di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).