Rest Area Banjaratma, Wisata Sejarah di Tengah Tol Brebes

Rest Area Banjaratma dibangun di atas lahan eks komplek pabrik gula jaman masa kolonial Hindia Belanda.

 Rest Area Banjaratma (Instagram/@momokoaiko)

SOLOPOS.COM - Rest Area Banjaratma (Instagram/@momokoaiko)

Solopos.com, BREBES — Menjelang mudik Hari Raya Idulfitri atau Lebaran, segala fasilitas pendukung telah dipersiapkan dan salah satunya adalah rest area yang nyaman. Di kawasan pantai utara (Pantura) Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Brebes, terdapat rest area unik yang sekaligus menjadi desitnasi wisata sejarah, yaitu Rest Area Banjaratma.

Terletak di KM 260 B atau tepatnya di Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Brebes, rest area ini dibangun di atas lahan bekas pabrik gula masa kolonial Belanda. Mengutip dari laman kemenkeu.go.id, Rabu (27/4/2022), Pabrik Gula Banjaratma ini dibangun pada 1908 oleh N.V. Cultuurmaatschappijm sebuah persusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pabrik yang berdiri di atas lahan 10,5 hektar (Ha) ini berhenti beroperasi pada 1997 silam akibat tingginya biaya operasional. Hingga kemudian bangunan ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Bangunan ini didominasi dengan material batu bata tanpa plesteran sehingga menyuguhkan kesan retro.

Baca juga: Waspada Lur! Ini Jalur Rawan Kecelakaan di Purbalingga

Cagar Budaya

Rest Area Banjaratma dengan tampilan bangunan cagar budaya yang dirancang dengan gaya kekininan ini dibuka kali pertama pada 17 Maret 2019 silam. Oleh sinergi BUMN, Pabrik Gula (PG)  Banjaratma dipugar sedemikian rupa supaya jantung bangunan bersejarah ini kembali berdenyut.

Bangunan rest area ini cukup besar dan penampakannya terlihat jelas dari kejahuan. Dengan rancangan demikian, para pelaku perjalanan yang hendak berisitirahat sebentar akan terpukau dengan bangunan cagar budaya tersebut.

Dari bagian depan, sekilas masih tampak jelas jejak masa lampau dari PG Banjaratma di masa kejayaannya. Tembok yang sedikit terkelupas dan menampakkan warna merah aslinya mendadakan lama perjalanannya.

Baca juga: Unik! Posko Mudik di Blora Ini Mirip Rumah Kurcaci

Di dalam gedung, terlihat deretan booth kuliner dan UMKM yang ditata berjajar. Sisa-sisa batu merah dan besi lawas bekas alat pemrosesan gula menyatu dengan bangku dan meja kekinian. Meskipun dirancang begitu modern, nilai otentik dari bangunan bersejarah ini masih ada. Jika ditelusuri, pengunjung rest area akan menemukan sejumlah sudut-sudut bangunan yang masih asli.

Contohnya seperti nama pembuat tiang besi yang masih terpatri di sisi tiang hingga tegel lama yang menghiasi salah satu dindingnya. Sedangkan di sisi luar, terdapat bekas lokomotif uap jadul yang dahulu digunakan untuk mengangkut pohon tebu. Meskipun sudah tidak berfungsi, kehadirannya menjadi pengingat akan masa kejayaan pabrik sekaligus menjadi spot yang Instagramable.

Bagi para pelaku perjalanan yang akan melakukan rehat di rest area ini dan kebetulan juga bensinnya hampir habis, Rest Area KM 260 B juga menyediakan pertamini. Selain itu, rest area ini juga terdapat masjid bagi umat Muslim yang hendak menjalankan ibadah salat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Weleh! Pemprov Jateng Terima Banyak Aduan Jalan Rusak

Pemprov Jateng membenarkan menerima banyak aduan dari masyarakat terkait penanganan jalan rusak di wilayahnya.

Selamat! 83 Difabel Lolos UM-PTKIN 2022

Sebanyak 83 penyandang disabilitas atau difabel berhasil lolos dalam tes ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri atau UM-PTKIN 2022.

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Rapat Paripurna, DPRD Jateng Setujui Perubahan BUMD PD CMJT

Rapat Paripurna DPRD Jateng yang digelar Kamis (30/6/2022) menyetujui perubahan bentuk hukum BUMD Jateng PD CMJT menjadi PT Jateng Argo Berdikari.

Bupati Akan Lantik Pejabat di Lingkungan Pemkab Grobogan Hasil Tes

Sesuai jadwal Bupati Grobogan Sri Sumarni akan melantik sejumlah pejabat untuk posisi jabatan pemimpin tertinggi pada Jumat (1/7/2022).

Mantan Direktur BPR BKK Karanganyar Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Dua mantan Direktur PD BPR BKK Karanganyar dituntut hukuman 7,5 tahun penjara atas dugaan korupsi penyaluran kredit.

Brrr! Embun Upas Mulai Muncul di Dieng, Tanda-Tanda Musim Kemarau

Fenomena embun upas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), telah muncul yang menandakan dimulainya musim kemarau.

Astaghfirullah! 5.182 Balita di Batang Alami Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), menyebut ada sekitar 5.182 balita di wilayahnya yang mengalami stunting.

Pengumuman PPDB SMP Kota Semarang 2022 Dini Hari Nanti, Ini Linknya

Pengumuman penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP negeri di Kota Semarang akan dilakukan secara online mulai dini hari nanti atau Jumat (30/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.