SOLOPOS.COM - Ginda Ferachtriawan, anggota DPRD Solo yang juga pengusaha kreatif Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Wacana perpanjangan jam operasional mal atau pusat perbelanjaan di Kota Solo hingga pukul 24.00 WIB pada momen Lebaran 2022 mendapat tanggapan dari wakil rakyat.

Seperti disampaikan anggota Fraksi PDIP DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan, kepada Solopos.com baru-baru ini. Dia mengakui kedatangan pemudik ke Solo merupakan potensi besar di bidang ekonomi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saya sangat mengapresiasi rencana mal buka sampai tengah malam. Pemudik yang akan datang begitu banyak bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan ekonomi,” ujar dia.

Baca Juga : Ditawari Buka Sampai Tengah Malam, Begini Sikap Pengelola Mal Solo

Ginda menyampaikan bahwa dirinya sepakat ihwal rencana mal buka sampai tengah malam. Tapi menurut dia ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan kebijakan tersebut.

Terutama Perda Solo No.5/2011 yang mengatur tentang jam buka mal. “Seingat saya kalau tidak salah hanya bisa buka sampai pukul 22.00 WIB pada hari biasa dan pukul 23.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. Kecuali, hari libur dan hari besar lainnya dimungkinkan untuk dibuka sampai jam 24.00 WIB,” urai dia.

Baca Juga : Wah, Pemkot Solo Tawari Mal Buka Sampai Tengah Malam saat Lebaran

Merujuk ketentuan itu, Ginda mengungkapkan tidak masalah dengan rencana membuka mal di Solo sampai tengah malam. “Jadi kalau mal mau buka sampai tengah malam atau adakan Lebaran Midnight Show silahkan saja. Tapi, segera sosialisasikan tanggal berapa saja yang dimungkinkan buka sampai tengah malam,” tegas dia.

Dengan begitu, lanjut Ginda, tidak terjadi pelanggaran terhadap Perda. Di sisi lain, untuk rumah makan, menurut dia belum ada perubahan aturan apapun. “Saya rasa masih berlaku seperti biasa. Buka sampai malam masih dimungkinkan. Apalagi Solo dikenal dengan daerah kuliner. Jadi mari dimanfaatkan,” seru dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya