Resmikan PLTU Cilacap, Jokowi Klaim Tak Ada Lagi Listrik Byar Pet

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, CILACAP Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan adanya pemadaman listrik. Klaim itu disampaikannya saat meresmikan PLTU Cilacap di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2/2019)

“Sekarang kalau kita ke daerah, enggak ada lagi yang namanya keluhan byar pet, keluhan pemadaman, enggak ada. Dulu kita di 2015, setiap ke provinsi, setiap ke kabupaten, ke kota, ke daerah, isinya keluhan mengenai listrik yang byar pet, listrik yang pemadaman,” papar Presiden Jokowi.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Hal itu ia katakan kepada wartawan seusai meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi Tahap I berkapasitas 1×660 megawatt (MW) di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang dilanjutkan dengan peninjauan sejumlah titik proyek PLTU.

Dia mencontohkan keluhan-keluhan tersebut terutama dari industri pariwisata karena ada hotel yang listriknya mati selama enam jam. “Banyak sekali keluhan-keluhan seperti itu. Sekarang, alhamdulillah sudah tidak ada keluhan-keluhan pemadaman listrik, tetapi kita tetap ingin membangun pembangkit listrik agar juga mengikuti pertumbuhan ekonomi yang ada sehingga investasi apapun ke Indonesia, listriknya siap,” jelasnya.

Sementara saat memberikan laporan dalam acara peresmian PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I berkapasitas 1×660 MW, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan PLTU tersebut menggunakan teknologi super-critical boiler berbahan bakar batu bara kalori rendah. Selain itu, PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I juga dilengkapi dengan electristastic precipitat dan flue-gas desulfurization yang didesain untuk dapat beroperasi secara efisien dan ramah lingkungan.

Sebanyak 51% saham PLTU itu rupanya dimiliki swasta, kurang darui separuh sisanya dikuasai anak perusahaan BUMN. “Proyek ini dikelola oleh PT Sumber Segara Primadaya [S2P] dengan kepemilikan saham sebesar 51% dan PT Pembangkit Jawa Bali [PJB], yaitu anak usaha PT PLN [Persero] dengan kepemilikan saham 49%,” katanya.

Menurut dia, investasi proyek tersebut hampir mencapai US$900 juta dan dapat menyerap 800 tenaga kerja saat pengoperasian. Sedangkan, pembangunan menyerap sekitar 4.000 tenaga kerja.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Pengamat: Kinerja Airlangga Membuatnya Berpeluang Besar di Pilpres 2024

Kinerja Airlangga yang dinilai bermanfaat untuk kehidupan perekonomian masyarakat membuatnya berpeluang besar di Pilpres 2024.

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Saling Sindir Anies Baswedan dan Hasto soal Tukang Bakso

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saling sindir soal tukang bakso yang sedang heboh di media sosial akibat candaan Megawati Soekarnoputri.

Serunya CFS Wonogiri, Pengunjung hingga Bakul Tengkleng Semuanya Girang

Car free sunday (CFS) di Kota Wonogiri akhirnya digelar, Minggu (26/6/2022).

Espos Plus: Tujuan Konser, Transformasi Jakarta hingga Jackson Effect

Berita terkait tujuan digelarnya konser musik pada zaman dulu dan sekarang, transformasi Jakarta serta The Jackson Effect di hari kematian sang Raja Pop menjadi sajian menu Espos Plus edisi Minggu (26/6/2022).

Sapi Suspek PMK di Karanganyar Dijual Murah, Begini Komentar DPRD

Sejumlah peternak di Karanganyar, Jawa Tengah rela menjual murah ternak sapi lantaran khawatir mati di kandang gara-gara sakit.

Hasil Survei LSI: Airlangga Capres Paling Diinginkan Publik

Selain menjadi capres paling diinginkan publik, nama Airlangga juga menjadi pejabat publik yang dinilai kebijakannya paling bisa dirasakan masyarakat.

160 Atlet dari Kota Madiun Berlaga di Porprov Jatim 2022

Sebanyak 160 atlet dari Kota Madiun berangkat dan bersiap berlaga di Porprov VII Jawa Timur.

Seru! Begini Aksi Ganjar Pranowo Menari Gatotkaca di CFD Solo

Flashmob menari dalam acara Gending Bung Karno di depan Kantor Bank Jateng Solo

Pasukan Elite TNI Kawal Kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia

Presiden Jokowi dikawal pasukan khusus TNI saat ke kunjungan ke Ukraina dan Rusia

Dulu Konser untuk Revolusi, Kini Konser untuk Pemulihan

Pada masa kebangkitan nasionalisme dan revolusi kemerdekaan konser jamak bertujuan memperkuat semangat revolusi. Pada era setelah pandemi Covid-19 mereda, konser adalah wahana pemulihan ekonomi dan sektor kehidupan lainnya.

Begini Keseruan Ganjar-Rudy Nonton Denny Caknan di Vastenburg Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo alias Rudy tampak menikmati keseruan konser Trisakti Bulan Bung Karno yang menghadirkan penyanyi Denny Caknan di Benteng Vastenburg Solo.

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Begini Jawaban Iqlima Kim Ditanya Balik Jadi Aspri Hotman Paris

Begini jawaban Iqlima Kim saat mendapatkan pertanyaan kemungkinan dirinya balik lagi jadi aspri Hotman Paris.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.