SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, meresmikan musala yang dibangun PKL kuliner Jalan Bhali, Sabtu (1/4/2023). (Istimewa/Bagian Prokopim Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten, Sri Mulyani, meresmikan musala di kawasan Kuliner Jl Bhali, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah. Musala itu dibangun secara swadaya oleh pedagang kaki lima (PKL) di tempat tersebut.

Peresmian musala itu dilakukan Bupati Klaten didampingi Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Sabtu (1/4/2023). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani, memberikan apresiasi dan mengaku merasa bangga dengan para PKL di Jalan Bhali yang secara swadaya membangun musala sebagai sarana untuk beribadah.

Hal itu menunjukkan kemandirian para PKL kuliner di Jl Bhali, Klaten. Dengan semangat kemandirian tersebut, Mulyani berharap para pedagang bisa semakin betah berjualan di kawasan itu.

Sebagai informasi, para PKL yang berjualan di  kawasan kuliner Jalan Bhali merupakan para PKL kuliner yang sebelumnya berjualan di kawasan Alun-alun Klaten. Setelah revitalisasi, kawasan alun-alun harus steril dari PKL dan para pedagang direlokasi.

musala PKL jl bhali klaten
Bupati Klaten, Sri Mulyani, meresmikan musala yang dibangun PKL kuliner Jalan Bhali, Sabtu (1/4/2023). (Istimewa/Bagian Prokopim Setda Klaten)

“Ini [pembangunan musala] adalah wujud kemandirian PKL Jalan Bhali. Saya bangga dan mengapresiasi. Semoga musala yang dibangun swadaya oleh PKL ini bisa dimakmurkan oleh PKL dan pengunjung. Semoga menambah berkah dan dilimpahkan rida dari Allah SWT,” kata Mulyani berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Bagian Prokopim Setda Klaten.

Mulyani berpesan kepada seluruh PKL Jl Bhali Klaten untuk tetap menjaga kebersihan dan menghindari berjualan di depan rumah penduduk. “Jaga terus kebersihannya. Jangan berjualan di depan rumah penduduk agar tidak menimbulkan gejolak. Semoga pengunjungnya ramai dan laris manis dagangannya,” kata Mulyani.

Ketua Paguyuban PKL Jalan Bhali, Nanang, yang mewakili para PKL di Jalan Bhali menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Klaten yang sudah memberikan tempat berdagang yang baik bagi para PKL.

“Terima kasih Bapak-Ibu yang sudah memberikan tempat yang baik ini untuk kami [PKL]. Semoga kami betah di sini dan dagangan laris manis,” kata Nanang.

Berdasarkan catatan Solopos.com, para PKL kuliner Alun-alun Klaten mulai menempati ruas Jl Bali, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah, pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Mereka berjualan di pinggir Jl Bali sampai depan Gedung Ekokapti. Kurang lebih ada sekitar 200 pedagang yang berjualan di lokasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya