Resmi! Solo Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Kota Solo dipastikan menjadi tuan tumah Asean Para Games 2022 pada Juli mendatang. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dipercaya menjadi Ketua Inaspoc.

 Pebulutangkis ganda putri Indonesia Oktila Leani Ratri (kiri) dan Sadiyah Khalimatus berpose dengan medali emas saat prosesi penyerahan medali bulutangkis nomor ganda putri kategori SL3-SU5 pada Paralympic Games Tokyo 2020 di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (4/9/2021). Emas pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 datang dari cabang bulutangkis ganda putri. (Antara/HO-NPC Indonesia)

SOLOPOS.COM - Pebulutangkis ganda putri Indonesia Oktila Leani Ratri (kiri) dan Sadiyah Khalimatus berpose dengan medali emas saat prosesi penyerahan medali bulutangkis nomor ganda putri kategori SL3-SU5 pada Paralympic Games Tokyo 2020 di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (4/9/2021). Emas pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 datang dari cabang bulutangkis ganda putri. (Antara/HO-NPC Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo dipastikan menjadi tuan tumah ASEAN Para Games 2022 pada Juli mendatang. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dipercaya menjadi Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc).

Hal itu terungkap dalam pertemuan Wali Kota Solo, Ketua Umum NPC Senny Marbun, dan Wakil Sekjen NPC Rima Ferdianto di kantor NPC, Selasa (25/1/2022).

PromosiPemajuan Demokrasi Butuh Budaya Politik Santun

Senny Marbun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Sudah dua kali Asean Para Games ditiadakan dan kini digelar kembali di Solo.

Baca Juga: Pelatih Asal Solo Terdepak dari Pelatnas, Ini Pesan Haru Greysia Polii

“Ada sebelas negara bersama Timor Leste. Kami sangat optimistis juara umum, di atas kertas juara umum. Namun tidak boleh mendahului Tuhan,” kata dia.

Ia menambahkan dalam ASEAN Para Games sebelumnya di Malaysia, Indonesia mengoleksi 126 emas. Jumlah itu unggul jauh dibandingkan negara lain seperti Malaysia dengan 86 emas dan Thailand 87 emas.

Senny menambahkan tetap berkoordinasi dengan Gibran terkait penyempurnaan venue pertandingan yang melibatkan 13 cabang olahraga. “Stadion Manahan kan sudah siap, kalau yang paling mendesak untuk diperbaiki yang mana kami hitung-hitungan dulu. Paling kolam renang paling tidak,” kata dia.

Senny bercerita penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah mengalahkan pesaingnya Malaysia dan Thailand. Indonesia yang pernah menjadi tuan rumah di tahun 2011 lalu membuat negara-negara lain percaya dengan kemampuan Indonesia. “Saya kan bilang, sudah lama atlet-atlet Asean tidak berkompetisi. Terima kasih Pak Presiden Joko Widodo,” kata dia.

Daftar Cabor

Dia merinci 13 cabor yang akan dipertandingkan yakni atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, badminton, renang, tenis meja, catur, goalball, dan tiga cabor tambahan yakni lawn ball, menembak, dan sepeda.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan pemilihan Solo sebagai tuan rumah merupakan kabar baik karena kembali dipercaya jadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11. Ia mengaku sebagai ketua Inaspoc bakal langsung memperbaiki venue-venue pertandingan yang kurang baik dalam waktu kurang dari enam bulan.

Baca Juga: Dua Pemain Asing Perkuat Kudus Sukun Badak di Proliga 2022

Ia meyakini Solo sudah sangat siap menyusul standar Internasional lokasi pertandingan. Menurutnya sebagai tuan rumah sangat menguntungkan sebagai branding dan pemulihan ekonomi. “Ada beberapa venue di Karanganyar, hotel juga ada di sana. Kami akan melibatkan kepala daerah lain juga,” kata Gibran.

Sementara itu, terkait dengan rencana pemusatan latihan di Karanganyar, Gibran belum mengetahui detail pasti pelaksanaan itu. Menurutnya akan ada koordinasi dengan pemerintah setempat untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan Asean Para Games.

Sebelumnya, Vietnam mengundurkan diri menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada 2022 karena Covid-19. Indonesia kemudian mengajukan diri sebagai tuan rumah. Hal itu mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Cerita tentang Bandit Jawa dan Praktik Kecu Masa Kolonial di Soloraya

+ PLUS Cerita tentang Bandit Jawa dan Praktik Kecu Masa Kolonial di Soloraya

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, praktik perkecuan atau kecu atau bandit sosial menempati posisi tertinggi tindak kriminalitas di wilayah Vorstenlanden Surakarta atau Soloraya, yang terjadi akibat kesenjangan status sosial yang tinggi, serta pengaruh kebijakan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Berita Terkini

Dua Hari Sebelum Penutupan, Vietnam Sudah Juara Umum SEA Games 2021

Negara peserta masih terus berusaha menambah pundi-pundi medali mereka menjelang penutupan SEA Games 2021.

SEA Games 2021: Seluruh Emas Catur Indonesia Dipersembahkan Atlet Putri

Dengan kemenangan tersebut, tim catur Indonesia memenuhi target yang dicanangkan sebelumnya yakni 3 medali emas atau satu emas lebih banyak dari pencapaian SEA Games 2019.

Perolehan Medali SEA Games 2021 Sabtu Siang: Indonesia Perkukuh Posisi

Hingga tengah hari ini Indonesia telah menambah empat medali emas.

Balik ke Persis Solo, Ikhwan Ciptady Rindu Bermain di Stadion Manahan

Persis Solo mengumumkan Ikhwan Ciptady sebagai penggawa baru mereka untuk kompetisi Liga 1 mendatang.

Perolehan Medali SEA Games 2021: Jumat Malam, Indonesia Penuhi Target

Cabang karate nomor kata beregu putra, dan tenis lapangan ganda campuran mempersembahkan emas bagi Indonesia.

PSSI Tegaskan Jordi dan Sandy Tuntaskan Syarat Naturalisasi

Jordi, yang saat ini berkewarganegaraan Spanyol, dan Sandy (Belanda) melakukan beberapa kegiatan ketika berada di Indonesia.

Fakta Unik Kompetisi Liga Jepang, Meiji Yasuda J1 League 2022

Hokkaido Consadole Sapporo menjadi tim yang berasal dari paling Utara, tepatnya dari Kota Sapporo di Pulau Hokkaido.

PSIS Dapat Izin Penggunaan Stadion Jatidiri Semarang

Proyek pembangunan Stadion Jatidiri belum selesai 100 persen.

MotoGP Gresini Racing Kian Banjir Sponsor dari Indonesia

Gresini Racing saat ini menjadi pantauan penggemar MotoGP sejagat karena lewat sang pembalap Enea Bastianini mampu menjadi juara pada tiga seri yang sudah berlangsung.

Hadapi Sang Mantan, Begini Ungkapan Perasaan Samsul Arif

Bersama Persebaya, Samsul sukses menorehkan 11 gol. Pencapaian itu membuatnya menyandang status sebagai pemain lokal paling subur.

Jadwal Siaran Langsung Liga Italia Pekan Terakhir: Penentuan Juara!

Berikut jadwal siaran langsung pertandingan pekan terakhir Liga Serie A Italia musim 2021/2022.

Si Jangkung Andalan Coach Widyantoro Ini Kembali Gabung Persis Solo

Sang pemain menyatakan apabila ada kesempatan, dia selalu ingin bermain kembali untuk Persis Solo.

Jadwal Siaran Langung Liga Spanyol Pekan Terakhir Musim Ini

Berikut jadwal siaran langsung televisi pertandingan pekan terakhir La Liga Spanyol musim 2021/2022.

Live Streaming Persebaya Surabaya Versus Persis Solo, Minggu Sore

Banyak pendukung Persis Solo yang sejatinya ingin bisa ikut ke Surabaya, tetapi karena tiket habis serta kuota penonton dari Solo terbatas mereka harus memendam keinginan tersebut.

Pasoepati: Kula Nuwun, Solo-Surabaya Seduluran Saklawase

DPP Pasoepati meminta para pendukung Persis tetap berlaku tertib dan menjaga nama baik Kota Solo.