SOLOPOS.COM - Siswa SMPN 2 Klaten berjalan di halaman sekolah setelah mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah, Jumat (9/10/2020). Hari pertama uji coba pembelajaran tatap muka terbatas diisi dengan materi tentang pencegahan Covid-19. (Espos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – SMPN 2 Klaten resmi ditunjuk oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menggelar uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM. Sementara Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten belum bisa memastikan PTM di tingkat SMP kembali bergulir.

Kepala Disdik Klaten, Wardani Sugiyanto, mengatakan untuk menggelar kembali uji coba PTM perlu meminta pertambangan dari berbagai pihak. “Perlu pertimbangan dari berbagai pihak termasuk dari sisi kesehatan seperti apa dan sebagainya,” kata Wardani saat ditemui Solopos.com di Setda Klaten, Selasa (23/3/2021).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Baca Juga: Pelaku Pariwisata Sambut Antusias Rencana Pembukaan Bali untuk Turis Asing

Lantaran hal itu, hingga Selasa siang Wardani belum memastikan uji coba PTM di tingkat SMP bakal kembali bergulir kembali. Begitu pula dengan uji coba PTM di tingkat SD. “Belum sampai ke tingkat SD. Masih kami bahas lagi,” tutur dia.

Uji coba PTM terbatas pernah bergulir di Klaten pada Oktober 2020. Uji coba itu dilakukan di lima SMP. Lantaran kasus Covid-19 yang menunjukkan tren peningkatan pada akhir 2020, pembelajaran kembali digelar secara daring.

Sementara itu, Pemprov Jateng berencana menggelar uji coba PTM pada 5 April 2021. Di Klaten, ada empat sekolah yang direncanakan menggelar uji coba PTM yakni SMAN 3 Klaten, SMKN 3 Klaten, MAN 1 Klaten, serta SMPN 2 Klaten.

Paling Siap

Terkait SMPN 2 Klaten masuk dalam daftar sekolah yang diusulkan uji coba PTM, Wardani mengatakan salah satu pertimbangan sekolah tersebut dinilai paling siap menggelar PTM dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Dari provinsi minta satu SMP untuk uji coba. Kami usulkan SMPN 2 Klaten. Sejak uji coba yang dulu digelar, SMPN 2 Klaten paling aman dan bisa berjalan sampai Desember 2020,” ungkap dia.

Baca Juga: Cerita Ustaz Wiyanto, Atasi Kekeringan di Wonogiri dengan Luweng

Wakil Kepala Bidang Humas SMPN 2 Klaten, Tonang Juniarta, mengatakan persiapan masih terus dilakukan. Salah satunya memperbarui pendataan siswa yang diizinkan orang tua mereka mengikuti uji coba PTM. Tonang memastikan secara teknis siap menggelar uji coba PTM.

“Uji coba yang pernah dilakukan bisa menjadi pedoman kami. Tetapi, kami masih bahas lagi untuk persiapan uji coba nanti,” kata Tonang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya