SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong, Sabtu (28/12/2019). (Antara/Yulius Satria WIjaya)

Solopos.com, JAKARTA – Shin Tae-yong resmi didaulat sebagai pelatih timnas Indonesia yang baru. Pelatih asal Korea Selatan ini dikontrak selama empat tahun oleh PSSI.

Shin Tae-yong diperkenalkan sebagai pelatih tim nasional (timnas) Indonesia di Stadion Pakansari, Cibining, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Pelatih berusia 50 tahun itu tiba bersama Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria, sekitar pukul 14.24 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setengah jam sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, tiba seorang diri disusul Wakil Ketua Umum, Iwan Budianto. Agenda pertama yang dijalani adalah penandatanganan kontrak. Dilanjurkan penyerahan simbolis jersey timnas Indonesia dengan nomor punggung 1 kepada Shin Tae-yong.

“Kontrak sudah kami lakukan barusan. Pertemuan sudah dua kali dengan dia dan puncaknya kemarin. Tae-yong menjadi pelatih timnas Indonesia senior. Tae-yong bakal menjalankan proyek jangka panjang. Kontraknya empat tahun,” kata Mochammad Iriawan seperti dilansir Detik.com.

Sebelum melatih pemain timnas Indonesia, Shin Tae-ying sempat menyoroti stamina mereka. DIa tertantan dengan kesuksesan Park Hang-seo di Vietnam.

Sayangnya, pihak PSSI enggan menjelaskan nilai kontrak untuk Shin Tae-yong. Meski demikian, nilai kontrak Tae-yong ditaksir kurang lebih berada di kisaran US$1 juta. Hal itu berdasarkan pendapatan yang dia peroleh kala menangani Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 lalu.

Menukil data Statista, mantan pelatih klub Seoungnam Ilhwa itu mendapat gaji sebesar 450.000 Euro atau sekitar Rp7 miliar pada 2018. Shin Tae-yong menjadi pelatih timnas peserta Piala Dunia 2018 ke-26 dengan gaji terbesar.

Mengacu angka tersebut, nilai kontrak Shin Tae-Yong bersama PSSI diperkirakan berada pada kisaran US$50.000-US$1 juta atau sekitar Rp7 miliar-Rp14 miliar per tahunnya. Namun, bisa saja besaran gaji tersebut meningkat tergantung kebutuhan yang disiapkan Tae-Yong untuk Timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya