SOLOPOS.COM - Kondisi terkini jalan tol Solo-Jogja- Kulonprogo di kilometer tiga yang terletak di Colomadu, Karanganyar, sudah sampai pada proses pembetonan, Senin (27/2/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan ruas jalan Tol Solo-Yogyakarta pada sebagian Seksi 1.1 dan 10 ruas lainnya sepanjang 114,1 kilometer yang akan dioperasikan secara fungsional untuk mudik Lebaran 2023.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan pihaknya menyiapkan 11 ruas yang siap difungsionalkan apabila diperlukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini [ruas fungsional] masih harus subject to approval pak Menko PMK dan Menhub,” kata dia di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Danang memaparkan ruas yang disiapkan adalah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3 Kurtanegara-Sadang, Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya-Cilincing, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A Jatikarya-Cikeas.

Selain itu, untuk di Trans Jawa yakni Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-IC Gending. Serta ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta pada sebagian Seksi 1.1.

Sementara itu, untuk di Trans Sumatra ruas fungsional yang disiapkan adalah Jalan Tol Kuala Tajung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Kuala Tanjung-Pematang Siantar, Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang=Baitussalam, dan Jalan Tol Stabat-Tanjung Pura pada sebagain seksi

Selain ruas jalan tol fungsional, pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini terdapat jalan tol baru yang beroperasi yakni Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung, Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2, dan Ramp 2,4,5, dan 8 Junction Wringinanom Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

Danang menambahkan, BPJT Kementerian PUPR juga memiliki aplikasi ‘Tol Kita’ yang dapat digunakan pengguna jalan tol untuk mendapatkan informasi seputar estimasi tarif tol dari asal perjalanan hingga ke tujuan.

Selain itu , aplikasi tersebut mencakup informasi seputar rest area dan layanannya, informasi CCTV di jalan tol untuk memantau lalu lintas secara, update informasi dan pemberitaan jalan tol, layanan call center 24 jam, prakiraan cuaca, dan juga terkoneksi dengan aplikasi info tol para Badan Usaha Jalan Tol.

“BPJT juga memastikan keberfungsian CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi. Juga terdapat aplikasi dari masing-masing BUJT untuk informasi seputar Jalan Tol dan tarif tol yang tersedia,” ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Daftar Ruas Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya