SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (duduk) beserta jajaran Exco. (Tangkapan layar Youtube PSSI)

Solopos.com, SOLO – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan digelar secepatnya. Hal itu disampaikan setelah PSSI menggelar rapat Executive Committe (Exco).

PSSI menggelar rapat Exco, Jumat (28/10/2022) malam WIB di kantornya yang berada di GBK Arena, Jakarta Pusat. Disebutkan rapat tersebut dihadiri 12 anggota Exco.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

“Rekan-rekan media yang saya hormati. Pada malam hari ini, Jumat 28 Oktober, dari jam 19.00 sampai 22.45 WIB di Kantor PSSI, Jakarta. Komite Eksekutif PSSI melaksanakan Exco Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 Anggota Exco dan memutuskan mempercepat Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa, sesuai tahapan aturan organisasi,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule dalam saluran YouTube resmi federasi seperti dipantau Solopos.com, Sabtu (29/10/2022).

Dalam Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB dapat dilaksanakan apabila sekurangnya 2/3 dari delegasi (voters), mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

“Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan kongres luar biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai,” Iriawan melanjutkan.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Tunggu Keputusan Jokowi

Persis Solo dan Persebaya Surabaya sejatinya menjadi dua klub yang vokal untuk menyatakan KLB dan bersurat ke PSSI. Hal tersebut kemudian seolah membuat kesan bahwa ada dua kubu di sisi voters dan PSSI tak mau itu terjadi.

“Namun, Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirimkan oleh dua anggotanya. Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara anggotanya. Exco adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI,” Iriawan menegaskan.

PSSI selanjutnya akan berkirim surat ke FIFA untuk pemberitahuan KLB berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan dirilis oleh PSSI, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Komentar Coach Rasiman tentang Dua Kemenangan Persis Solo Hari Ini

Pengumuman ini mendapat banyak respons dari netizen, tak sedikit yang memberikan  dukungan kepada perbaikan sepak bola Indonesia.

“Setiap peristiwa yg terjadi baik itu buruk maupun baik pasti ada hikmahnya.. Belajarlah dari semua kejadian yg tlah terjadi, semoga kedepannya PSSI semakin baik dan berkembang…,” ujar seorang netizen dalam akun Youtube PSSI.

“Bismillahirrahmanirrahim.. Semoga hasil yang baik untuk sepak bola tanah air Indonesia,” timpal netizen lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya