Tutup Iklan
Resmi! Penyaluran BLT DD di Wonogiri Tak Diperpanjang
Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD di seluruh desa di Wonogiri tidak diperpanjang.

Berdasarkan peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), penyaluran BLT DD dilakukan selama tiga bulan, yani pada April, Mei dan Juni. Kemudian, pada 16 Juni 2020, Menteri Kemendes PDTT mengeluarkan Permendes terkait perpanjangan penyaluran BLT DD untuk tiga bulan berikutnya, yakni Juli, Agustus dan September.

Rekor Lagi! Pasien Positif Covid-19 Indonesia Tambah 1.863, Total Kasus jadi 68.079

Di dalam Permendes tersebut ada klausul, perpanjangan dapat dilakukan jika dana desa masih memenuhi. Besaran dana yang akan disalurkan pada masa perpanjangan berbeda, dari Rp600.000 per-bulan menjadi Rp300.000 per-bulan.

Wonogiri lantas tidak melanjutkan penyaluran BLT DD. Keputusan untuk tidak memperpanjang penyaluran BLT DD dilakukan dalam forum pertemuan kepala desa dan Bupati di Aula Khayangan Sekeretariat Daerah Wonogiri, Rabu (8/7/2020).

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), mengatakan dalam menjalankan kebijakan, pemerintah tidak hanya fokus pada satu bidang tertentu. Selain fokus dalam kesehatan, pemerintah juga harus bergerak untuk menjaga stabilitas pangan agar terpenuhi.

Polisi Temukan Tongkat Silat Di Tempat Latihan Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo Yang Meninggal

Jika stabilitas pangan bagus, maka kesehatan warga akan terpenuhi. Sehingga keamanan dan ketertiban bisa terjaga.

"Kalau hanya fokus ke kesehatan saja maka aspek lainnya tidak terpenuhi. Maka untuk tiga bulan setelah BLT DD tersalurkan, Pemdes diharapakan juga bergerak di bidang pemulihan ekonomi warga," kata Jekek kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Nikmati Fasilitas Lain

Salah satu Kepala Desa di Kecamatan Jatisrono, Agus Utomo, mengatakan dirinya sepakat jika BLT DD tidak diperpanjang. Ia akan mensosialisasikan dan memberi pemahaman terkait kebijakan tersebut kepada warga.

"Meski warga sudah tidak mendapat bantuan dari dana desa, tetapi nanti warga juga akan menikmati fasilitas yang bersumber dari dana desa, seperti perbaikan infrastruktur," kata dia kepada Solopos.com di area Sekretariat Daerah Wonogiri, Rabu.

Bioskop Dibuka 29 Juli, Intip Penerapan Protokol Kesehatan di Bioskop Thailand


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho