Resmi! Moto GP Qatar 2020 Dibatalkan Gara-gara Corona
Balapan di ajang Moto GP. (Reuters)

Solopos.com, SOLO - Moto GP 2020 sedianya mulai digeber pada akhir pekan ini. Namun, balapan pembukaan itu dibatalkan karena wabah virus corona.

Seri pertama Moto GP memang biasanya digelar di Qatar. Namun, kejuaraan pada musim ini diganggu oleh wabah virus corona. Sempat beredar kabar seri pertama Moto GP 2020 akan tetap digelar. Namun, lembaga-lembaga yang menangani grand prix, sebut saja FIM, IRTA, dan Dorna, pada akhirnya mengambil keputusan berani membatalkan balapan kelas primer.

Sudah Masuk ke Indonesia, Virus Corona Menular dari Jarak Kurang dari 2 Meter

Kendati demikian, balapan kelas kelas Moto 2 dan Moto 3 akan tetap bergulir. Dikutip dari detik.com, Senin (2/3/2020), keputusan pembatalan seri pertama Moto GP 2020 ini diambil tak terlepas dari pembatasan kunjungan ke Qatar, khususnya dari Italia.

Italia saat ini mengalami masalah serius dengan virus corona, dengan sudah ada 1.128 kasus di sana sampai Minggu (2/3/2020). Akibatnya, seluruh penumpang dari Italia harus menjalani karantina lebih dulu selama minimal 14 hari.

Tebing di Karangmalang Sragen Longsor, 1 Rumah Nyaris Ambrol

Nah, ini menjadi tak memungkinkan buat Moto GP. Seperti diketahui, di kelas MotoGP saja banyak pembalap yang berasal dari Italia. Ada enam pebalap sejauh ini, mereka adalah Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli. Belum lagi ditambah para kru dan ahli lainnya.

"Karena pembatasan kunjungan ke Qatar yang diberlakukan memengaruhi para penumpang dari Italia [di antara negara-negara lain], kelas primer tidak akan digelar di Losail. FIM, IRTA, dan Dorna dengan menyesal mengumumkan pembatalan seluruh sesi dari kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," demikian pernyataan resmi FIM seperti dilansir Crash.

Komunitas Mobil FOSR Pengin Sebar Edukasi Otomotif, Enggak Cuma Nongkrong

"Wabah virus corona yang tengah terjadi mengakibatkan pembatasan kunjungan ke Qatar diberlakukan, yang mana memengaruhi penumpang dari Italia. Sampai saat ini, seluruh penumpang yang tiba di Doha dalam penerbangan langsung dari Italia, atau berada di Italia selama dua pekan terakhir, akan langsung dikarantina selama minimal 14 hari."

"Italia jelas memainkan peran vital di kejuaraan dan di kelas Moto GP, baik di dalam maupun di luar lintasan, dan oleh karena itu keputusan telah diambil untuk membatalkan kelas primer."

Sumber: detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho