Resmi! Kompetisi Liga 1 & Liga 2 Indonesia Kembali Ditunda
Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua Umum PSSI M Iriawan (kedua kanan), Dirut PT LIB Cucu Somantri (kedua kiri), Direktur Program SCM Harsiwi Achmad (kiri) dan Presiden Komisaris SEA Group Pandu Sjahrir saat peluncuran Shoppe Liga 1 2020 di Jakarta, Senin (24/2/2020). (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA - Kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 dan Liga 2 Indonesia kembali ditunda. Padahal, kedua liga itu sedianya digelar pada 1 Oktober 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Sebelumnya, PSSI dan Kemenpora melakukan pertemuan. Hasilnya, keputusan tersebut diumumkan lewat telekonferensi. Menpora Zainudin Amali lebih dulu memberikan keterangannya.

"Pada siang ini kami sudah melakukan rapat koordinasi antara saya Menpora beserta jajaran dan PSSI beserta jajaran, dalam rangka perkembangan dalam sepak bola kita," kata dia seperti dikutip dari detik.com, Selasa (29/9/2020).

Waduh! Pakai Kuteks Bikin Berat Badan Naik, Kok Bisa ya?

Setelah melakukan pembukaan, Amali memberikan waktu kepada Iriawan untuk memberi keterangan. Dia lantas menjabarkan pengumuman mengenai ditundanya Liga 1 dan Liga 2.

"Kami mengadakan rapat secara khusus berkaitan dengan situasi yang ada sekarang. Kami selaku ketua umum PSSI akan menyampaikan beberapa poin penting berkaitan dengan liga yang tadinya akan berlangsung pada 1 Oktober, Liga 1 dan Liga 2 digulirkan. Rencana sebelumnya, Sleman dengan Kediri," kata Iriawan.

"Namun kita ketahui bersama kemarin, Mabes Polri sudah merilis melalui Kadiv Humas, sementara menunda pemberian izin keramaian. Dengan pertimbangan Polri menganggap kasus COVID di Indonesia masih tinggi. Kami memang menyadari fakta di lapangan memang demikian."

"Polri juga sudah mengeluarkan maklumat dan menegaskan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan pada saat sekarang ini. Kami federasi menyikapi hal ini, PSSI menghormati dan memahami keputusan yang belum mengizinkan atau menunda bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 untuk diputar kembali."

"Sekali lagi kami memahami dan menghormati keputusan yang disampaikan Mabes Polri. Tentunya pertimbangan keamanan, keselamatan, dan kemanusiaan itu yang paling utama," terangnya.

Tetap Optimistis

Lantas kapan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 20202 bakal dilanjutkan kembali. Iriawan tidak memberitahukan secara gamblang. Namun, dia optimistis kedua kompetisi ini bisa digelar kembali.

Mundur 10 Hari, Pintu Air Dam Colo Sukoharjo Ditutup 11 Oktober

"PSSI yakin dan optimis, lanjutan Liga 1 dan Liga 2, Insyaallah pada waktunya tepat akan digulirkan kembali. Kami optimis, mudah-mudahan nanti COVID akan menurun," kata dia.

Sebelumnya, Polri sudah tak mengeluarkan izin keramaian untuk Liga 1. Lewat Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, keterangan itu disampaikan.

Kompetisi Liga 1 Indonesia 2020 sudah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020. Kompetisi sudah berjalan 3 pekan dengan Persib Bandung pemuncak klasemen Liga 1 usai berhasil menyapu bersih kemenangan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom