SOLOPOS.COM - Joan Mir membalap untuk Tim Suzuki Ecstar MotoGP. (Twitter/JoanMirOfficial)

Solopos.com, MISANO – Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, resmi jadi tandem juara dunia delapan kali, Marc Marquez, di tim Repsol Honda mulai tahun depan menyusul kesepakatan kontrak berdurasi dua tahun hingga 2024. Demikian diumumkan Honda Racing Corporation pada Selasa (30/8/2022).

“Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Joan Mir. Pembalap berusia 24 tahun itu akan membalap dengan Honda RC213V di tim pabrik dengan kontrak dua tahun bersama Marc Marque,” tulis Tim Repsol Honda dalam akun Twitter mereka, @HRC_MotoGP, Selasa (30/8/2022) sore WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mir berlabuh ke Honda menyusul keputusan Suzuki yang bakal meninggalkan MotoGP pada akhir musim ini karena alasan finansial.

Ekspedisi Mudik 2024

Rekan satu tim Mir, Alex Rins telah lebih dahulu mengamankan kontrak membalap untuk tim LCR Honda mulai musim depan. Mir memegang dua gelar juara dunia setelah ia menjuarai Moto3 pada 2017 dan kelas premier MotoGP pada 2020.

Sang pembalap asal Spanyol merupakan pemenang 12 grand prix dan peraih 33 podium selama kariernya. “Saya sangat senang secara resmi mengumumkan saya akan bergabung tim Repsol Honda tahun depan,” kata Mir dalam pernyataan resmi yang diunggah di Twitter.

Baca Juga: Breaking News! Enea Bastianini Perkuat Tim Ducati Lenovo di MotoGP Musim Depan

“Terima kasih kepada HRC telah mempercayai saya dan memberikan saya kesempatan untuk membela warna bersejarah ini, yang penuh sejarah dan juara dunia.

“Kami akan memanfaatkan secara penuh semua pengalaman saya selama bertahun-tahun di MotoGP dengan Suzuki untuk berkontribusi sebanyak mungkin ke proyek ini dan bertarung bersama untuk menjadi juara dunia lagi.”

Baca Juga: Server Tiket Online Persis Vs PSIS Sempat Bermasalah, Pembeli Harap-Harap Cemas

Mir akan melewatkan balapan Grand Prix Misano pada akhir pekan ini karena cedera tulang dan ligamen pergelangan kaki kanannya setelah terpelanting dari motornya pada lap pembuka Grand Prix Austria di Red Bull Ring dan mendarat keras di gravel.

“Sekarang saatnya fokus meneruskan pemulihan saya untuk kembali ke sirkuit segera mungkin dan meraih akhir musim yang luar biasa dengan tim Suzuki Ecstar,” kata Mir dikutip dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya