Kategori: Nasional

Resmi Jadi Ketua DPR, Begini Imbauan Puan untuk Anggotanya


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA - Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Dia pun sudah dilantik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) malam WIB.

Puan ditetapkan sebagai Ketua DPR dalam rapat paripurna perdana DPR yang dipimpin pimpinan DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat. Sementara Azis syamsuddin, Sufmi Dasco, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar menjadi Wakil Ketua DPR.

Melalui pidatonya, Puan mengimbau anggota Dewan tak terpecah belah. "Walaupun fungsi-fungsi di DPR akan berjalan secara dinamis, namun hal itu tidak boleh membuat kita menjadi terpecah belah dan kontraproduktif," kata Puan seperti dikutip dari detik.com.

Puan mengatakan dinamika dalam menjalankan fungsi-fungsi DPR harus berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Puan juga meminta anggota DPR mengedepankan kritik yang konstruktif.

"Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia," ujarnya.

"Marilah kita jaga bersama kepercayaan yang telah diberikan rakyat tersebut melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR yang dapat memenuhi aspirasi dan harapan rakyat," ujarnya.

Dimodifikasi pada Selasa, 1 Oktober 2019 22:51

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi