SOLOPOS.COM - Persis Solo memastikan mengeluarkan lima tuntutan terkait tragedi Kanjuruhan.

Solopos.com, SOLO – Klub Liga 1, Persis Solo, mengeluarkan pernyataan resmi terkait tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang hingga kini telah menelan setidaknya 130 korban jiwa dan membuat kompetisi ditunda hingga beberapa waktu ke depan.

Persis Solo menyampaikan lima tuntutan terhadap penangan tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, tersebut.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Dikutip dari laman resmi mereka, Sabtu (8/10/2022), Persis Solo menyampaikan turut berbela sungkawa atas insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu itu.

Mereka juga memanjatkan doa terbaik untuk para korban dan berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan untuk melewati peristiwa duka itu.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Malang: Suporter Desak Persis Solo Bersikap 

Persis Solo juga menuntut untuk segera ada pertanggungjawaban dari pihak yang terlibat, dan menuntut reformasi secara sistematik sebagai upaya perubahan agar hal serupa tidak terulang di kemudian hari.

Berikut ini lima tuntutan Persis Solo terhadap penanganan tragedi Kanjuruhan Malang:

1. Adanya forum lintas klub, panpel, dan aparat berwenang yang diinisiasi oleh operator liga dan federasi, untuk membahas reformasi standar operasional keamanan di dalam dan di luar stadion.

2. Adanya pihak yang harus bertanggungjawab atas insiden di Kanjuruhan, serta diproses hukum secara transparan dan seadil-adilnya.

3. Peniadaan jam kick-off yang terlalu malam, agar meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Federasi, operator, dan official broadcast harus mempertimbangkan rekomendasi dari klub yang berkoordinasi dengan panitia pelaksana dan aparat setempat.

4. Adanya reformasi sistematik di dalam kepengurusan ekosistem sepakbola Indonesia sebagai bentuk respons atas insiden yang terjadi di Kanjuruhan, sekaligus bertujuan untuk melakukan evaluasi menyeluruh demi masa depan sepakbola Indonesia yang lebih baik.

5. Jika tuntutan tersebut urung bisa dipenuhi, Persis mengajukan mosi tidak percaya sebagai pernyataan sikap klub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya