SOLOPOS.COM - Ilustrasi Android Oreo. (Istimewa/Gopego.com)

Android Oreo membawa sejumlah fitur baru seperti pembatasan fungsi di belakang layar hingga dukungan konektivitas yang lebih beragam.

Solopos.com, SOLO – Goggle resmi mengumumkan Android 8.0 Oreo, kendati belum diedarkan secara over the air (OTA) Anda mencoba versi beta yang sudah diperbarui laman Android Beta Program di g.co/androidbeta dan masuk dengan akun Google.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip Mashable, pengumuman nama Android O sendiri dilakukan berbarengan dengan momen gerhana matahari di Amerika Serikat,Selasa (22/8/2017) siang WIB. Google menggelar acara khusus di 14th Street Park, Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Dalam acara peluncuran, Director Product Management Android Sagar Kamdar sempat mengungkap alasan kenapa akhirnya nama Oreo yang dipilih untuk Android 8.0. Dia mengatakan keputusan tersebut diambil setelah Google melihat banyak engineer-nya yang lembur kerap ngemil Oreo.

“Di microkitchens Google, kami punya Oreo di manapun. Teknisi kami terus mengonsumsi Oreo dengan susu mereka,” kata Kamdar sepeeti dikutip dari CNet, Selasa (22/8/2017).

Dilansir Techinasia, Rabu (23/8/2017), Android Oreo menyajikan beberapa fitur baru, seperti pembatasan fungsi di belakang layar, Picture in Picture, pembuatan kategori notifikasi, serta dukungan konektivitas yang lebih beragam.

Penerus sistem operasi Android Nougat tersebut dijanjikan bakal memiliki kemampuan booting yang jauh lebih cepat dan baterai yang lebih efisien dibanding seri sebelumnya.

Dalam Android O, pihak developer juga dapat menciptakan ikon yang mudah menyesuaikan diri dengan tampilan perangkat milik pengguna.

Fungsi bernama Adaptive Icon tersebut akan meringankan kerja para developer, karena mereka hanya perlu membuat satu ikon yang mampu berubah secara otomatis menjadi bentuk persegi atau lingkaran menyesuaikan perangkat yang digunakan.

Sebagai langkah awal untuk memperkenalkan sistem operasi ini, Google akan memasukkan Android Oreo ke dalam perangkat Nexus dan Pixel. Di samping itu mereka juga menghadirkan Android Oreo ke beberapa manufaktur smartphone Android ternama seperti General Mobile, HMD Global (Nokia), Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya