Resmi Dibuka, Drive Thru ETP Grab OVO Di Galabo Solo Layani 3 Transaksi

Grab OVO resmi meluncurkan layanan drive thru yang mencakup tiga jenis transaksi pembayaran di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berfoto bersama para petinggi Grab OVO saat peluncuran Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP)di Kompleks Galabo Solo, Kamis (30/6/2022) pagi. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berfoto bersama para petinggi Grab OVO saat peluncuran Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP)di Kompleks Galabo Solo, Kamis (30/6/2022) pagi. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Layanan Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) dari Grab OVO di pusat kuliner malam Galabo Kota Solo resmi dibuka pada Kamis (30/6/2022). Layanan itu diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Ada tiga jenis transaksi yang bisa dilayani di Drive Thru ETP tersebut, yakni pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan biaya pemakaian air Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM). Setelah meresmikan pengoperasiannya, Gibran menyaksikan penggunaan layanan Drive Thru ETP oleh masyarakat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Orang nomor satu di Pemkot Solo tersebut juga sempat berbincang dengan seorang warga yang memakai layanan Drive Thru ETP itu. “Sebagai atlet Paragames, aktivitas sangat padat. Jadi dengan layanan Drive Thru ini kami bisa bertransaksi di rumah, kemudian saat longgar bisa ke sini, tinggal nge-print, langsung dapat bukti pembayaran,” tutur salah satu pengguna layanan, Setyo Adi, kepada Gibran.

Menurut Setyo, bukti pembayaran masih dibutuhkan oleh sebagian masyarakat untuk kemantapan hati atau ketenangan. “Kalau pajak motor kan harus diambil, kalau orang-orang sepuh biasanya minta buktinya. Di sini tak usah antre,” urainya.

Sedangkan Gibran saat diwawancarai wartawan mengatakan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkot Solo punya Mal Pelayanan Publik (MPP). Kehadiran Drive Thru ETP dari Grab OVO diharapkan kian memudahkan warga.

Baca Juga: Grab Dorong Digitalisasi Pasar Tradisional, GrabMart Hadir di Solo

Transaksi Perpajakan

“Ya kalau pelayanan sudah ada Mal Pelayanan Publik, pelayanan secara online juga. Ini ada satu lagi pelayanan drive thru. Intinya untuk memudahkan warga untuk transaksi perpajakan. Yang di sini lebih ke orang yang ingin kuitansi,” ujar

Gibran akan membicarakan lebih jauh terkait kemungkinan penambahan layanan Drive Thru ETP di lokasi lain. Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menuturkan Drive Thru ETP hasil kerja sama dengan Pemkot Solo.

“Mas Wali Kota selalu mengedepankan inovasi dan kemudahan melalui teknologi. Arahan Mas Gibran untuk kerja sama berkelanjutan bagaimana mengajak masyarakat membayar pajak dengan mudah memanfaatkan teknologi,” katanya.

Ridzki menjelaskan Drive Thru ETP yang dibuka Grab OVO di Galabo Solo merupakan yang pertama di Indonesia. Layanan itu merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor, pembayaran PDAM, dan pembayaran PBB.

Baca Juga: Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Kehadiran Drive Thru ETP di Solo diharapkan bisa merangsang kota-kota lain untuk melakukan inovasi serupa. Penuturan senada disampaikan Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra, yang berencana menambah layanan Drive Thru ETP di Solo.

Memajukan Daerah

“Ini bukti kalau pemimpin daerahnya inovatif seperti Mas Wali, kita bisa lihat ada banyak sekali inovasi yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan daerah. Tentunya, berkat arahan dari Wali Kota Solo kita yang memiliki visi sangat maju,” urainya.

Karaniya mengungkapkan meningkatnya pembayaran pajak hingga lima kali lipat pada semester I 2022 dibandingkan semester II 2021. “Seperti kita tahu, online dan offline itu penting. Masih ada warga yang ingin punya struk,” katanya

Baca Juga: Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Sebelumnya, Yulianto, atlet atletik wheelchair racing paralympic Indonesia mengaku sangat terbantu dengan adanya Drive Thru ETP dari Grab OVO. Sebab selama ini dia disibukkan dengan aktivitas latihan sehingga tak punya waktu.

“Sekarang sangat mudah, kita tidak perlu antre datang ke kantornya untuk melakukan pembayaran. Di sini bisa bayar PDAM, PBB, dan pajak motor. Saya atlet merasa terbantu sekali karena selama ini sibuk latihan,” ungkapnya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Berita Terkini

      5 Orang Digaruk di Rumah Lokalisasi Ilegal Pedan Klaten, Ini Sanksinya

      Sebanyak lima orang digerebek tim gabungan di rumah yang diduga menjadi lokalisasi ilegal di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Selasa (16/8/2022) siang.

      Bendera Raksasa Berkibar di Bendung Tirtonadi Solo

      Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Bendung Tirtonadi Solo, Rabu (17/8/2022).

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas Balon Berhadiah, Ini Cara Tukar Hadiah

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Terminal Tirtonadi Solo melepas 45 ekor merpati dan 77 balon merah putih berhadiah.

      Daftar Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing - Kambing Guling

      Inilah daftar menu makanan di kawasan kuliner Tawangmangu Baru Karanganyar.

      Cek! Jadwal KRL Solo-Jogja Sampai ke Palur mulai 17 Agustus 2022

      Inilah jadwal terbaru KRL Solo-Jogja sampai ke Stasiun Palur yang mulai dicoba hari ini, Rabu (17/8/2022).

      Upacara Kemerdekaan di Sriwedari, Gibran Targetkan Percepatan Vaksinasi

      Rangkaian upacara ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Kal. Prasetio sedangkan Perwira Upacara diemban Kapten Lak. Widayat.

      Begini Cara Warga Jambeyan Sragen Sambut HUT RI

      ada enam pencinta alam mengajak tiga anak untuk bertadabur alam dalam mensyukuri nikmat kemerdekaan pada malam menjelang HUT RI di Bukit Tuk Kungkung

      Bawaslu Wonogiri Ingatkan Kades Tak Ikut Urusi Parpol

      Bawaslu Wonogiri mengindikasikan ada kepala desa (Kades) yang masuk dalam kepengurusan partai politik (Parpol).

      Catat, Besok Jl Lawu Papahan Karanganyar Ditutup Sementara, Ada Apa?

      Penutupan akan dimulai sekitar 12.30 WIB, menyesuaikan dengan persiapan dimulainya pawai karnaval, hingga selesai.

      Tumpeng hingga Miniatur Pesawat Diarak Warga Jatikuwung Karanganyar

      Warga antusias mengikuti upacara tersebut setelah dua tahun tak digelar karena pandemi Covid-19

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Begini Cara Komunitas Difabel Ampel Boyolali Tingkatkan Pede Anggota

      Tujuannya dibentuk KDA adalah merangkul difabel agar selalu berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022, Bebas Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), akan bebas dari hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar 17 Agustus 2022, Merdeka dari Hujan

      Anda bisa merayakan momen HUT RI pada hari ini, Rabu (17/8/2022), tanpa khawatir hujan mendadak turun.

      Cuaca Boyolali Rabu Ini: Cerah Berawan di Hari Kemerdekaan RI

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (17/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.