SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama bakal calon presiden Prabowo Subianto (kedua kanan), Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) makan siang bersama saat melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 444 personel polisi dikerahkan sebagai satuan tugas pengamanan dan pengawalan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Ratusan polisi itu akan mengawal keselamatan tiga pasangan capres-cawapres yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Masing-masing capres atau cawapres akan dikawal oleh 74 polisi.

Komisioner KPU Mochammad Afifuddin menjelaskan serah terima satgas pengawalan dilakukan setelah melakukan rapat pleno tertutup untuk menetapkan capres dan cawapres.

“KPU sudah melakukan penandatanganan serah terima satgas pengamanan capres dan cawapres, baru saja dilakukan beberapa menit sebelum konpers ini kita lakukan,” katanya, saat konferensi pers di Kantor KPU, Senin (13/11/2023).

Afifuddin memerinci masing-masing capres yang akan maju pada Pilpres 2024, akan dikawal oleh dua tim dengan 74 personel polisi.

“Pamwal capres Anies Rasyid Baswedan berjumlah 74 personel, 2 tim. Pamwal capres Ganjar Pranowo berjumlah 74 personel, 2 tim. Pamwal capres Anies Rasyid Baswedan berjumlah 74 personel, 2 tim,” ujarnya.

Hal yang sama juga untuk pengawalan cawapres, dengan masing-masing dua tim dengan 74 personel.

“Pamwal cawapres Abdul Muhaimin Iskandar berjumlah 74 personel, 2 tim. Pamwal cawapres Mohammad Mahfud MD berjumlah 74 personel, 2 tim. Pamwal cawapres Gibran Rakabuming Raka berjumlah 74 personel, 2 tim,” ucapnya.

Dia menjelaskan KPU menerima penyerahan tersebut dalam keadaan lengkap dan menugaskan satgas pengawalan capres dan cawapres sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua KPU Hasyim Asyari sebelumnya menyatakan setelah ditetapkan tiga pasangan capres dan cawapres, maka akan dilakukan pengamanan dan pengawalan.

Dia menyebut serah terima satgas untuk pengamanan bagi masing-masing paslon capres dan cawapres dilakukan setelah rapat pleno tertutup hari ini.

“Setelah kami melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan capres dan cawapres sebagai peserta pemilu dilakukan serah terima satgas untuk pengamanan bagi masing-masing pasangan calon capres dan cawapres oleh Kepolisian RI,” katanya di Kantor KPU, Senin (13/11/2023).

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan tiga paslon capres dan cawapres, antara lain, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang memenuhi syarat untuk maju di pilpres 2024, pada Senin (13/11/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “KPU: 444 Personel Polisi Kawal 3 Paslon Capres-Cawapres”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya