Tutup Iklan
RESHUFFLE KABINET : Inilah Profil Menteri Baru Hasil Reshuffle Jilid II
Menko Polhukam Wiranto (keempat kanan), Menkeu Sri Mulyani (tengah), Menhub Budi Karya Sumadi (Kedua kanan), Mendikbud Muhadjir Effendy (ketiga kanan), Menteri ESDM Archandra Tahar (kanan), Menperin Airlangga Hartarto (kedua kiri), Menteri PAN dan RB Asman Abnur (ketiga kiri), Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo (kiri) dan Mendag Enggartiasto Lukita (keeempat kiri) berfoto bersama usai diumumkan Perombakan Kabinet Jilid II oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7). Presiden Joko Widodo melakukan perombakan terhadap 13 pos kementerian dalam Kabinet Kerja. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Reshuffle kabinet diumumkan Presiden Jokowi, Rabu (27/7/2016).

Solopos.com, JAKARTA – Reshuffle kabinet jilid II yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7/2016) siang, terdapat delapan nama baru yang masuk sebagai anggota Kabinet Kerja periode 2014 – 2019.

Presiden meminta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk mengumumkan profil kesembilan anggota baru Kabinet Kerja itu.

Mensesneg Pratikno mendapat kesempatan mengumumkan profil lima menteri yang berlatar belakang profesional, sementara Seskab Pramono Anung mengumumkan profil empat menteri yang berlatar belatang partai politik. Berikut profil-profil mereka sebagaimana dilansir situs Setkab.go.id, Rabu:

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Sri Mulyani sudah sangat teruji dan berpengalaman di berbagai penugasan. Tentu saja di bidang ekonomi dan keuangan, dan memiliki jaringan dan dipercaya secara luas di tingkat internasional.

Walapun sampai saat ini, Sri Mulyani masih menjabat sebagai Managing Director Bank Dunia, menurut Mensesneg, sudah ada komunikasi antara Presiden dengan Presiden Kim dari Bank Dunia, dan walaupun dengan berat hati telah diberi izin untuk kembali ke Indonesia, dan menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Menteri ESDM Archanda Thahar
Archanda Thahar adalah seorang profesional yang ahli di bidang ESDM, mempunyai riwayat pendidikan yang mengagumkan, S1 Tehnik Mesin, S2 dan S3 di bidang policy engineering, bekerja di banyak perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat (AS), memanage korporasi yang sangat besar, dan juga memiliki beberapa paten internasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi adalah seorang profesional, bergerak lama di bidang korporasi BUMD, BUMN, berpengalaman dalam pembangunan infrastruktur, perhubungan. Saat ini presiden direktur Angkasa Pura, dan sangat diharapkan bisa meningkatkan kinerja di Kementerian Perhubungan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi
Muhajir Effendi mempunyai pengalaman dan rekam jejak panjang di bidang pendidikan. Beberapa kali menjadi rektor Universitas Muhammadiyah Malang, juga ketua PP Muhammadiyah bidang kebudayaan, pendidikan, dan litbang hingga sekarang.

Berpengalaman dan sekaligus telah membangun fondasi penting untuk meningkatkan prestasi lembaga-lembaga yang beliau pimpin. Bukan hanya di bidang pendidikan tinggi, Muhajir juga mengelola bidang pendidikan dan kebudayaan secara keseluruhan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmgrasi, Ekoputro Sanjoyo
Ekoputro Sanjoyo adalah seorang profesional, banyak berpengalaman di bidang yang sangat dekat dengan pembangunan pedesaan, pertanian, peternakan, dll. Tentu saja telah teruji dalam pengembangan kewirausahaan, sehingga akan memberikan penguatan dalam pembangunan desa.

Menko Polhukam Jend. Wiranto
Wiranto teruji dan berpengalaman menyelesaikan berbagai hal dalam penugasan ketika periode yang sangat penting, terutama transisi dari orde baru ke orde reformasi. Pernah menjadi Menhankam/Pangab, dan mampu mengawal proses perubahan itu, dan juga pernah menjadi Menko Polhukam.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito
Enggartiasto Lukito tiga kali menjadi anggota DPR-RI, berpengalaman. Lama menjadi anggota Komisi XI, komisi anggaran. Pernah menjadi anggota Golkar sekarang pimpinan Partai Nasdem, dan sangat pengalaman di bidang perdagangan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Airlangga adalah putra Ir. Hartarto yang pernah jadi Menteri Perindustrian. Pengalamannya panjang, anggota DPRnya lama, dan selalu pada komisi yang sama, yaitu Komisi Industri. Sehingga dengan demikian, Presiden meyakini penugasan yang akan diberikan kepada Airlangga Hartarto bisa dilakukan dengan baik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur
Asman dua kali jadi anggota DPR, pernah menjadi Wakil Walikota Batam. Tugas yang paling utama adalah melakukan reformasi birokrasi, dan juga melakukan pembenahan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sehingga dengan demikian karena sekarang sudah UU ASN, diharapkan reformasi birokrasi bisa berjalan lebih baik. “Mudah-mudahan bisa membawa perubahan pada Kementerian PANRB,” kata Pramono.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho