SOLOPOS.COM - Rano Karno (JIBI/Solopos/Antara/Asep Fathulrahman)

Reshuffle kabinet Jokowi akan dilaksanakan siang ini.

Solopos.com, JAKARTA — Rano Karno siang ini dilantik menjadi Gubernur Banten. Pelantikan Rano istimewa karena disaksikan oleh sejumlah anggota Kabinet Kerja dan politikus PDIP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Politikus PDIP, Pramono Anung, mengatakan awalnya dirinya berencana menghadiri pelantikan Rano Karno bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

“Tadi harusnya bareng Ibu [Megawati], tetapi saya mau duluan,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Seperti diketahui, Pramono Anung santer diberitakan akan mengisi pos Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto. Meski demikian, Pramono mengatakan hanya ingin menghadiri pelantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten.

Kehadirannya di pelantikan Gubernur Banten disebabkan Rano Karno merupakan kader PDIP. Pramono juga mengaku dekat dengan politikus yang sempat berkarir menjadi aktor itu.

“Karena ini Gubernur dari PDIP. Apalagi temen saya,” ujar dia.

Terkait perombakan kabinet, Pramono mengatakan kebijakan reshuffle kabinet diambil melalui pertimbangan matang dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pasalnya pemerintahan telah berjalan lebih dari sembilan bulan.

Sekedar diketahui, beredar undangan pelantikan menteri Kabinet Kerja sisa periode 2014-2019. Undangan dengan kop Kementerian Sekretaris Negara itu menjadwalkan pelantikan menteri pada 12 Agustus 2015 pukul 13.10 WIB.

Selain Pramono hadir juga Darmin Nasution yang disebut-sebut menggeser Sofyan Djalil sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Thomas Lembong yang diberitakan akan menghantikan Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya