SOLOPOS.COM - Tedjo Edhy Purdijatno (JIBI/Solopos/Antara)

Reshuffle Kabinet Jokowi dilaksanakan siang tadi sekaligus pelantikan menteri baru.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (12/8/2015) siang, mengumumkan reshuffle sejumlah menteri Kabinet Kerja sekaligus melantik menteri baru di Istana Negara Jakarta.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Tedjo Edhy Purdijatno yang sebelumnya menjabat Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Mekopolhukam) termasuk dalam daftar menteri yang di-reshuffle dan digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan.

Namun saat acara pelantikan berlangsung, Tedjo Edhy Purdijatno berada di kediamannya di Kompleks Palem Kartika No 6, Bambu Apus, Jakarta Timur.

“Pak Tedjo berada di dalam rumah. Beliau tidak mau diganggu,” kata salah satu staf bagian rumah tangga di kediaman Tedjo, yang enggan disebutkan namanya.

Bahkan, kata dia, ajudannya sudah berpesan kepada dirinya bila tidak ada tamu penting, beliau tidak mau diganggu. “Bapak lagi istirahat. Tak mau diganggu. Sejak tadi beliau ada di dalam kamarnya,” ujar dia.

Rumah Tedjo yang cukup besar dan bertingkat itu tampak sepi, hanya beberapa mobil yang terparkir di depan rumahnya, termasuk mobil dinas dari TNI AL.

“Mobil dinas TNI AL tersebut, tamunya Ibu [istri Tedjo],” katanya.1

Sebelumnya, beredar kabar Menteri Tedjo sudah membereskan barang-barangnya setelah tersiar kabar reshuffle atau perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo.

“Setelah pulang dari Istana pada Selasa malam [11/8/2015], bapak langsung membereskan barang-barangnya yang ada di kantor. Saat ini, barang-barangnya sudah kosong,” ungkap salah satu pegawai di Kemenko Polhukam yang enggan disebutkan namanya.

Para menteri yang dilantik oleh Presiden Jokowi, yakni Sofyan Djalil menjadi Menteri PPN/Bapenas, Rizal Ramli dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Selain itu Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.

Nama-nama yang diberhentikan sebagai menteri sebelumnya yakni Tedjo Edi Purdijatno sebelumnya menjadi Menko Polhukam, Rahmat Gobel yang sebelumnya menjadi Mendag, Andrinof Chaniago sebelumnya sebagai Menteri PPN/Bapenas, dan Andi Widjojanto yang sebelumnya adalah sekretaris kabinet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya