SOLOPOS.COM - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) didampingi Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (kiri) dan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kanan) menghadiri acara pembukaan Musyawarah Wilayah IV DPW PAN Jawa Timur di Kota Kediri, Senin (10/8/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Prasetia Fauzani)

Reshuffle kabinet Jokowi-JK kian berembus kencang setelah politikus PAN mengklaim partai itu mendapat 2 jatah kursi menteri.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan perombakan Kabinet Kerja Jilid II sedang dalam proses pembicaraan. Kendati demikian, JK enggan membeberkan waktu perombakan kabinet secara rinci akan berlangsung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ya [reshuffle] semuanya dalam proses pembicaraan. Presiden sendiri belum,”ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Senin (28/12/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menanggapi isu bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan mendapat jatah kursi menteri, JK membantah dengan tegas. Dia justru balik bertanya dari mana informasi pembagian jatah kursi untuk partai koalisi baru itu berasal. “Belum tahu, itu info dari mana? Belum dibicarakan,”tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PAN Mulfachri mengatakan pemerintah akan mengganti beberapa jajaran menteri. “PAN memutuskan bergabung dengan partai pendukung pemerintah agar Jokowi mendapatkan energi baru dalam koalisi partai dan dapat melakukan konsolidasi politik dengan lebih cepat,” kata Mulfachri seperti dikutip dari Tempo.co, Sabtu (26/12/2015).

Menurut Mulfachri, apabila Presiden Jokowi menganggap kader PAN memiliki kualitas mumpuni dan menempatkannya di Kabinet Kerja. Dia menambahkan hal tersebut merupakan suatu hal yang biasa terjadi. “As usual business politic lah, biasa saja,” katanya.

Mulfachri mengatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah berkomunikasi dan beberapa kali bertemu dengan Jokowi. Kemarin, Ketua DPP PAN Aziz Subekti mengklaim mendapatkan informasi siapa saja menteri yang akan dicopot Presiden Jokowi.

Menurut dia, Presiden Jokowi akan mencopot Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan akan digantikan dengan Taufik Kurniawan, kader PAN yang saat ini menjadi Wakil Ketua DPR.

Sementara itu, kader PAN yang saat ini menjadi anggota Komisi Kependudukan dan Kesehatan DPR, Asman Asnur, akan menggantikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Siti sendiri merupakan salah satu kader Partai Nasdem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya