Tutup Iklan
RESHUFFLE KABINET JOKOWI : Jadi Menteri, Bos Blitx Megaplex Disarankan Belajar Banyak Soal Perdagangan
Thomas Lembong (Istimewa/Setkab.go.id)

Reshuffle kabinet Jokowi-JK membuat Thomas Lembong, yang dikenal sebagai bos Blitz Megaplex, jadi menteri.

Solopos.com, JAKARTA -- Salah satu nama baru yang muncul dalam jajaran menteri ialah Thomas Tri Kasih Lembong. Ia terpilih sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel.

Uniknya, pemilik bisnis bioskop Blitz Megaplex tersebut justru lebih dikenal andal di bidang moneter, bukan sektor riil seperti yang seharusnya dibutuhkan untuk memimpin Kementerian Perdagangan.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi menilai Thomas Lembong memiliki kemampuan yang tinggi dalam bidang manajerial dan finansial. Dia pun merupakan profesional lulusan luar negeri yang juga banyak memiliki jaringan internasional.

Kendati demikian, dia mengakui, Thomas Lembong masih butuh banyak belajar dan berkoordinasi dalam urusan perdagangan dan sektor riil, terutama kinerja di dalam negeri.

“Sebenarnya orangnya punya kemampuan yang cukup tinggi, cuma harus belajar banyak urusan dalam negeri. Dia harus belajar cepat karena ini masalah langsung sekarang,” ujar Sofjan Wanandi yang juga menjabat ketua tim ahli wakil presiden tersebut.

Sebelumnya, menurut Sofjan Wanandi, Thomas Lembong memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terutama dalam hal membantu promosi Indonesia di luar negeri. “Dia fasih mempresentasikan Indonesia kepada investor luar negeri, dan ini yang saya pikir dia diberikan kepercayaan untuk perdagangan,”nilainya.

Belasan tahun lalu, Thomas Lembong dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab mengelola aset para obligor BLBI di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), yakni sebagai kepala divisi asset management investment.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho