SOLOPOS.COM - Luhut Panjaitan saat masih menjadi Kepala Staf Kepresidenan, menyambut pengusaha peserta rapat kerja ekspor impor Kabinet Kerja, Rabu (15/4/2015), (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Reshuffle kabinet Jokowi-JK membuat Luhut Binsar Panjaitan memegang dua jabatan.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) baru, Luhut Binsar Panjaitan, akan menyelaraskan seluruh pernyataan dari kementerian yang berada di bawah koordinasinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Luhut Binsar Panjaitan mengatakan setiap menteri yang belum mendapatkan informasi yang jelas terkait sebuah kejadian harus berkoordinasi dengan kementerian terkait. Hal itu dilakukan agar tidak ada pernyataan yang salah dalam menanggapi sebuah wacana.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya ingin menyelaraskan semua pernyataan, tidak ada yang berbeda-beda. Kalau dia belum jelas dan terkait dengan kementerian lain, koordinasikan dulu, baru ngomong,” katanya di Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Luhut menuturkan sejak awal dirinya memang terbiasa menerapkan mekanisme satu pimpinan. Dengan begitu, semua kementerian yang ada di bawah koordinasinya tidak boleh memberikan pernyataan sebelum mengoordinasikannya dengan kementerian terkait.

Menurutnya, dirinya juga akan menerapkan hal yang sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Polhukam sehingga pernyataan yang diberikannya tidak bertentangan dengan kementerian lain. Terkait posisinya sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Luhut mengatakan menyerahkan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengaku Luhut Panjaitan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjabat di dua posisi tersebut. Pasalnya, Luhut merupakan lulusan terbaik dengan pengalaman tugas yang sangat banyak.

“Dia adik angkatan saya dan menjadi lulusan terbaik. Pernah di intelijen juga, sehingga memiliki jam terbang yang cukup untuk menjalankan tugas di posisi barunya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya