SOLOPOS.COM - Jejak wacana perombakan Kabinet Kerja (Galih Ertanto/IBI/Solopos/Detik)

Reshuffle Kabinet Jokowi-JK akhirnya resmi dilaukan siang ini di Istana Merdeka, Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden melantik enam Menteri Kabinet Kerja siang ini yakni Darmin Nasution, Rizal Ramli, Pramono Anung, Sofyan Djalil, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Thomas Lembong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keenamnya sudah berjajar di Istana Negara untuk menantikan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melantik secara langsung. Jokowi sedang berada di ruang tunggu seusai melantik Gubernur Banten Rano Karno.

Pantauan JIBI, Rizal Ramli asyik ngobrol dengan Pramono Anung yang berdiri bersebelahan. Sementara Darmin, Sofyan, Luhut dan Thomas hanya berdiri diam, sesekali tangan mereka sedekap di depan perut.

Keenamnya sempat mencairkan suasana tegang untuk foto bersama menghadap para juru foto di sebelah kanan. Namun setelah itu mereka kembali ke posisi semula sambil menunggu Jokowi. Adapun pejabat dan tamu undangan yang hadir saling berbisik pelan. Jokowi tiba di lokasi pukul 13.25 WIB.

Saat ini, Presiden Jokowi sedang melantik mereka di Istana Negara. Berikut nama-nama menteri/pejabat setingkat menteri yang diberhentikan dan nama baru yang diangkat oleh Presiden.

Menteri/Pejabat Setingkat Menteri yang Diberhentikan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 79/P Tahun 2015 Tentang Penggantian Menteri Negara Kabinet Kerja periode 2014 – 2019

Tedjo Edhy Purdijatno sebagai Menkopolhukam
Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian
Indroyono Soesilo sebagai Menko Kemaritiman
Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan
Andrinof Chaniago sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala Bappenas
Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet

Nama Menteri/Pejabat Setingkat Menteri Baru yang Dilantik Berdasarkan Keppres No 80/P Tahun 2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Sekretaris Kabinet

Luhut B. Panjaitan sebagai Menkopolhukam
Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian
Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman
Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan
Sofyan Djalil sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala Bappenas
Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya