RESHUFFLE KABINET JOKOWI : Elite PDIP Sebut 2 Personel Trio Singa Diganti
Kabinet Kerja Jokowi-JK (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Reshuffle kabinet Jokowi kian berembus kencang. Siapa saja menteri yang akan diganti?

Solopos.com, JAKARTA -- Reshuffle Kabinet Jokowi masih sebatas wacana. Namun, nama-nama menteri yang akan diganti kian berembus. Terbaru pernyataan elite PDIP yang menyebut dua personel Trio Singa julukan bagi Rini Soemarno, Andi Widjajanto dan Luhut Pandjaitan akan diganti.

Politisi PDIP Masinto Pasaribu mendengar kabar dua personel  Trio Singa, yakni Rini Soemarno dan Andi Widjajanto akan kena reshuffle dan meninggalkan jabatannya. Saat ini, Rini merupakan Menteri BUMN dan Andi merupkan Sekretaris Kabinet.

"Dengar-dengar info yang berseliweran namun belum terkonfirmasi. Namun memang Rini dan Andi dianggap kinerjanya buruk dan kemudian tidak menopang program Nawa Cita Presiden," kata Masinton saat berbincang, Jumat (26/6/2015) sebagaimana dikutip dari Detik.

Anggota Komisi III DPR ini menilai Rini mempunyai kinerja buruk. Pengelolaan BUMN lewat Penyertaan Modal Negara dinilainya tak efektif.  "Hal-hal itu yang menurut kita menjadikan dia layak diganti," tutur Masinton.

Andi Widjajanto dinilai Masinton telah beberapa kali membuat kesalahan. Misalnya, saat kasus Peraturan Presiden tentang tunjangan Down Payment mobil pejabat. Perpres itu lantas menuai kritikan. "Itu karena ketidakjelian Andi," tutur Masinton.

Masinton juga menyoroti Andi yang menurutnya mendeklarasikan bahwa dirinyalah yang membikin pidato Jokowi dalam Konferensi Asia Afrika. "Sebenarnya itu tidak perlu dideklarasikan, karena pidato itu adalah buah pikiran Presiden, dikerjakan secara teknis oleh tim," kata Masinton.

Trio Singa adalah julukan yang diberikan untuk tiga tokoh pemerintahan, yakni Rini, Andi, dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan. Bila benar Andi dan Rini dicopot dari pemerintahan, tinggal Luhut saja personel Trio Singa yang tersisa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom