SOLOPOS.COM - Satai Ambal Kebumen. (Istimewa/Instagram @tika_moven)

Solopos.com, KEBUMENSatai ambal merupakan salah satu kuliner Nusantara yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Bukan rahasia lagi, satai ambal dikenal dengan kuliner yang kaya rempah.

Berbeda dengan satai daerah lain yang menggunakan sambal kacang sebagai pelengkapnya, satai ambal memiliki sambalnya sendiri, yaitu sambal tempe rebus yang dihaluskan. Aroma tempe inilah yang menjadi ciri khas kuliner Kebumen satu ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari gambarannya saja pasti sudah membuat orang penasaran bagaimana rasanya kombinasi satai dan sambal tempe dalam satu sajian.

Tenang, bagi yang berasal dari luar Kabupaten Kebumen bisa nih membuat satai ambal di rumah masing-masing. Dilansir dari cookpad.com, simak resep satai ambal berikut ini yang bisa Anda coba:

Bahan-Bahan:

500 gr ayam fillet.

Bumbu Marinasi:

8 siung bawang merah.

5 siung bawang putih.

5 cm jahe.

1 sdt kunyit bubuk.

2 butir kemiri sangrai.

1/2 sdt ketumbar bubuk.

1/2 sdt jinten sangrai.

2 keping ukuran kecil gula merah.

1 sdt garam.

3 sdm kecap manis.

Bumbu Sambal Tempe:

200 gr tempe kukus dan haluskan.

3 siung bawang putih.

2 buah cabai merah keriting.

5 buah cabai rawit.

1 sdt garam.

2 keping ukuran kecil gula merah.

2 sdm kecap manis.

400 ml air.

Pelengkap:

Ketupat



Berikut cara membuat satai ambal khas Kebumen:

1. Haluskan semua bumbu marinasi daging ayam, kecuali kecap manis.

2. Masukan daging ayam yang telah di potong kecil ke dalam bumbu marinasi. Aduk sampai rata, lalu diamkan selama 1 jam hingga bumbunya benar-benar meresap.

3. Untuk sambal tempenya, haluskan bawang putih dan cabai, kemudian tumis sampai harum.

4. Masukan tempe kukus yang sudah agak halus ke dalam tumisan cabai dan bawang tadi. Lalu masukan gula kelapa halus, kecap manis dan garam. Aduk kembali sampai rata, baru tambahkan air.

5. Masak sampai sambal mengental sambil mengicip rasanya. Untuk masak sambal tempe harus sambil diaduk terus ya, supaya tidak gosong.

6. Selanjutnya, daging ayam yang sudah dimarinasi ditusuk menggunakan tusuk satai.

7. Kemudian satai ayam dipanggang, bisa menggunakan pan atau dibakar pakai arang. Panggang satai ayam sampai kedua sisi matang sempurna.

8. Jika satai sudah matang bisa langsung disajikan bersama sambal tempe dan ketupat yang sudah dipotong-potong sesuai selera.

Hmm, terdengar nikmat bukan? Pasti Anda tidak akan dibuat penasaran lagi dengan rasanya karena sekarang Anda bisa membuat satai ambal Kebumen ini di rumah. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya