SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MALANG — Pengerjaan proyek pembangunan jalan tol Pandaan – Malang di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sempat terpaksa berhenti sementara. Pasalnya, pada lokasi proyek, ditemukan reruntuhan kuno diduga peninggalan Kerajaan Majapahit.

Saat alat berat pekerja proyek mengeruk tanah, ditemukan reruntuhan batu bata berukuran besar. Bangunan berbahan batu bata ini diduga pondasi kompleks bangunan kuno era Majapahit. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur langsung terjun ke lokasi untuk melakukan kajian, sepekan terakhir ini.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Setelah ditelusuri, situs yang terkubur di kedalaman sekitar setengah meter ini juga terdapat benda bersejarah atau biasa disebut artefak. Di antara artefak itu ada kepingan koin berukiran aksara China dan guci keramik.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Andi Muhamad Said mengatakan analisis sementara menunjukkan situs purbakala itu merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit antara 1293 hingga 1500 Masehi.

“Kalau memperhatikan foto-foto, menunjukkan bahwa ukuran batanya menyerupai bata masa Majapahit dan terlihat ada struktur yang masih intak [belum rampung],” kata Said kepada Suara.com, Sabtu (9/3/2019), melalui pesan singkat.

Andi belum bisa memastikan apakah bakal melakukan upaya ekskavasi terhadap temuan situs tersebut. Sebab, timnya yang berada di lokasi belum memberikan laporan terbaru. “Kami tunggu laporan lapangan dulu Mas, agar kita bisa bicara berdasar data yang faktual,” urainya,

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo menjelaskan pihaknya memutuskan untuk menghentikan sementara proyek konstruksi jalan tol tersebut. Meskipun diperkirakan masih banyak situs peninggalan Majapahit lain yang ada di sepanjang Seksi 5 proyek Jalan Tol Pandaan – Malang, Agus mengakui baru menemukan reruntuhan serupa di satu tempat.

“Tidak ada yang lain. Proyek kami hentikan sementara sampai ada laporan dari BPCB.”

Lokasi temuan reruntuhan yang diduga berasal dari peradaban Kerajaan Majapahit di Seksi 5 Proyek Tol Pandaan Malang, Sabtu (9/3/2019). [Suara.com/Abdul Aziz]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya