SOLOPOS.COM - Delegasi Republik Ceko mengunjungi tempat pembuatan mebel di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jateng, Selasa (10/12/2019). (Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Republik Ceko berminat terhadap empat proyek di Jawa Tengah, yakni pengelolaan sampah, pengembangan pariwisata, industri kesehatan, dan kerajinan ukiran.

Dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari siaran Pemprov Jateng, Rabu (11/12/2019), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima delegasi Republik Cheska, yaitu Sekretaris Menteri Luar Negeri Cheska Miloslav Stasek dan Dubes Cheska untuk Indonesia Ivan Hotek.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ganjar mengatakan Pemerintah Republik Ceko menawarkan sistem pengelolaan sampah andalan mereka untuk mengatasi persoalan sampah di Jawa Tengah. Sistem tersebut, menurut dia telah diterapkbahkan an di ibu kota Inggris, London.

“Saya tadi juga menawarkan apakah punya teknologi cukup bagus untuk mengolah sampah. Ternyata mereka punya. Dia punya teknologi waste to energy yang cukup bagus dengan burning system,” ujarnya.

Kepada delegasi tersebut, Ganjar mengatakan di Jawa Tengah juga telah menerapkan modernisasi sistem pengelolaan sampah. Seperti di Kota Semarang dan Kota Solo yang mengolah sampah menjadi energi listrik.

Modernisasi sistem pengelolaan sampah juga dilakukan di Cilacap. Di sana sampah dapat diubah menjadi sumber energi yang berfungsi sebagai briket dan dimanfaatkan sebagai subtitusi bahan bakar

“Sebagai awal tidak ada yang kita tolak tapi kita juga menawarkan seluruh potensi Jawa Tengah untuk mereka mau investasi. Selanjutnya kita jajaki mana-mana yang bisa dikerjakan,” katanya.

Menurut Ganjar delegasi tersebut sangat berharap jalinan kemitraan langsung antara Republik Ceko dengan Jawa Tengah di sektor pariwisata dan kesehatan, serta industri dan perdagangan. “Termasuk pola pembiayaan dan training. Nanti kita cari alternatif untuk menindaklanjuti potensi-potensi yang ada,” imbuhnya.

Sekretaris Menteri Luar Negeri Ceko Miloslav Stasek mengatakan sangat tertarik dengan Jawa Tengah. Selain berbagai prestasi serta inovasi yang dilakukan, kekayaan alam, dan budayanya menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan dia mengagumi karya ukir dari Jepara.

“Kemarin saya Ke Jepara dan berharap kayu-kayu (ukir) di sana bisa diekspor ke Ceko. Jika kita melihat kondisi ekonomi dunia, penguatan kerjasama dua negara sangat penting. Perdagangan dan pariwisata terutama,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya