SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (JIBI/Solopos/Dok.)

Lelang hanya dilakukan untuk jabatan setingkat eselon dua.

Harianjogja.com, WONOSARI – Badan Kepegawaian Daerah Gunungkidul berencana melakukan lelang jabatan untuk empat posisi setingkat eselon dua ke atas. Empat jabatan ini di antaranya Sekretaris Daerah, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Pemerintahan dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data dari BKD Gunungkidul, kekosongan jabatan bukan di tingkat eselon dua saja. Namun di posisi eselon tiga ke bawah juga ada kekosongan. Beberapa posisi yang kosong itu adalah Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop ESDM, Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dan Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transimigrasi. Untuk semetara posisi yang lowong ini diisi oleh Pelaksana Harian, dimana kewenangannya ditunjuk oleh kepala dinas yang bersangkutan dan mendapatkan persetujuan dari Sekretaris Daerah.

Kepala BKD Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, meski ada sejumlah jabatan di pemkab yang lowong, namun dalam pengisiannya tidak semuanya dilakukan dengan cara lelang. Pasalnya sesuai dengan aturan dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, lelang hanya dilakukan untuk jabatan setingkat eselon dua ke atas. Sedang untuk posisi di bawahnya dilakukan oleh bupati dengan dasar penilaian yang dilakukan oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). “Pengisian untuk eselon tiga ke bawah kemungkinan dilakukan bersamaan dengan pentaan pejabat secara keseluruhan. Penataan ini mungkin dilakukan sekitar Agustus,” kata Sigit kepada Harian Jogja di akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, untuk pengisian pejabat setingkat eselon dua ke atas dilakukan dengan cara seleksi terbuka. Adapun pelaksanaannya masih harus menunggu restu dari bupati. Selain itu juga harus menunggu hasil konsultasi dengan Badan Kepegawaian Nasional.

Diakui Sigit, surat untuk konsultasi dengan pusat sudah dikirimkan. Namun hingga saat ini, surat tersebut belum ada jawabannya. “Kita masih menunggu, tapi secara prinsip kami siap untuk melakukan lelang jabatan itu,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk posisi yang bakal dilelang antara lain Sekretaris Daerah, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Pemerintahan dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik. “Semua sudah direncanakan dan dana untuk pelaksanaan pengisian juga sudah disediakan,” tuturnya.

Sementara itu, Pejabat Sekretaris Daerah Gunungkidul Supartono tidak menampik adanya beberapa posisi yang bakal dilakukan lelang. Salah satunya adalah jabatan yang ia duduki saat ini, namun ia tidak memermasalahakan dan menyerahkan pengisiannya ke mekanisme yang ada. “Aturannya memang seperti itu. Jadi sebagai seorang pegawai, saya harus menaaatinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya