SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kakek (Kaskus.co.id)

Renungan Ramadan kali ini tentang kisah seorang pengemis tua yang buta.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Islam adalah agama yang penuh cinta kasih dan lemah lembut. Islam menolak segala cara-cara kekerasan, pemaksaan, dan anti kemanusiaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jika ada orang Islam namun gemar bersikap kasar, memaksakan kehendak, dan suka memushi, berarti dia belum mendalami kemuliaan ajaran nabi Muhammad yang penuh cinta kasih dan kelembutan,” ujar Kepala Kemenag Kota Madiun, Muhammad Amir Solehudin saat berbincang dengan Madiun Pos, Kamis (25/6/2015).

Berikut adalah contoh kemuliaan ahlak Nabi Muhammad yang disampaikan Amir kepada Madiun.Pos.

Ketika Rasulullah tinggal di Makkah, terdapat seorang pengemis Yahudi buta yang berada di ujung pasar. Dia selalu berkata kepada orang yang lewat untuk menjauhi Muhammad.

“Wahai saudaraku, jangan kau dekati Muhammad. Dia itu gila, pembohong, tukang sihir, apabila kalian mendekatinya, kalian akan dipengaruhinya,” kata pengemis buta itu.

Setiap pagi Rasulullah pergi ke ujung pasar dan membawakan makanan untuk pengemis buta itu. Rasulullah kemudian menyuapi pengemis tua itu, meski selalu mendapat pesan untuk tidak mendekati Muhammad.

Setelah Rasulullah wafat, tidak ada lagi orang yang menyuapi si pengemis buta. Kebiasan Rasulullah terdengar oleh Abu Bakar, dari putrinya, Aisyah.

Abu Bakar kemudian menjalankan kebiasaan Rasulullah itu dan memberi makanan kepada si pengemis buta. Tapi, si pengemis buta malah membentak.

“Siapa kau?” kata pengemis buta itu dengan nada tinggi.

“Aku orang yang biasa menyuapimu,” jawab Abu Bakar.

“Bukan, kau bukan orang yang biasa mendatangiku. Apabila dia datang kepadaku, tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah. Dia selalu menyuapiku dengan terlebih dulu dia haluskan makanan itu dengan mulutnya kemudian diberikan kepadaku,” kata pengemis itu.

Mendengar perkataan itu, Abu Bakar tidak sanggup menahan tangis. Akhirnya dia menangis di depan pengemis buta itu.

“Aku memang bukan orang yang biasa datang kepadamu. Orang yang mulia itu, yang biasa menyuapimu telah tiada. Dia adalah Muhammad Rasulullah SAW,” kata Abu Bakar sambil terisak.

Si pengemis buta pun menangis. “Benarkah demikian? Selama ini aku selalu menghinanya, memfitnahnya, dia tidak pernah memarahiku, sedikitpun, dia mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi. Dia begitu mulia,” kata dia.

Usai berkata demikian, si pengemis buta itu kemudian bersyahadat di hadapan Abu Bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya