Tutup Iklan

Rentetan Penangkapan Terduga Teroris Kemarin, Densus 88 Sisir Klaten, Kudus, hingga Sleman

Densus 88 menggeledah sejumlah tempat dan menangkap beberapa terduga teroris di DIY dan Jawa Tengah Jumat (2/4/2021) kemarin.

 ilustrasi penangkapan terduga teroris (Antara)

SOLOPOS.COM - ilustrasi penangkapan terduga teroris (Antara)

Solopos.com, KLATEN -- Densus 88 menggeledah sejumlah tempat dan menangkap beberapa terduga teroris di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jatemg) Jumat (2/4/2021) kemarin.

Lokasi penangkapan serta penggeledahan tersebar di sejumlah kabupaten di Jateng, yaitu Banyumas, Kudus, dan Klaten.

Sedangkan di DIY, aktivitas pemberatasan terorisme juga terjadi di Sleman dan Bantul. Beberapa lokasi yang digeledah mulai dari rumah, rumah herbal, hingga pondok pesantren (ponpes).

Baca juga: Unik! Sepasang Burung Lovebird Jadi Mahar Pernikahan

Di Banyumas, Densus 88 menggeledah sebuah rumah tempat tinggal terduga teroris di Jl. Kenanga, Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Jumat sore. Ketua RT 009 daerah tersebut, Harisun, mengungkap rumah itu dihuni pasangan WH dan SQ.

"Suaminya [kata istrinya] saat ngobrol dengan polisi sudah ditangkap di Yogya, jadi tadi hanya penggeledehan," kata Harisun seperti dikutip Detik.com.

Selanjutnya, penggeledahan dan penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 di Klaten berlangsung di tiga lokasi berbeda. Ketiga terduga teroris berinisial S (51) warga Kecamatan Tulung; SH (41) warga Desa Cetan, Kecamatan Ceper dan MR (49) warga Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan.

Baca juga: Kaesang Pantau Seleksi Pemain Persis Solo Hari Terakhir, Ini Hasilnya

Amankan Buku sampai Laptop

Sejumlah barang diamankan dari lokasi penggeledahan, mulai dari buku, ponsel, uang, dan laptop. Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan ada penangkapan. "Kita hanya membantu mengamankan TKP [penangkapan], penggeledahan sudah selesai," kata Edy.

Selanjutnya, penangkapan dan penggeledahan rumah terduga teroris oleh Densus 88 di Kudus. Seorang terduga teroris berinisial AP, 30, ditangkap di Kudus. Selain itu, Densus juga menggeledah rumah AP di Bojonegoro dan menyita sejumlah benda mulai dari buku dan kaus.

Sedangkan penggeledahan dan penangkapan terduga teroris di DIY berlangsung di dua kabupaten yakni Sleman dan Bantul. Warga berinisial WJN, 44, ditangkap Densus 88 di rumahnya Pedukuhan Widoro, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY.

Baca juga: Hukum Donor Darah Saat Puasa Sesuai Ajaran Islam

Ketua RT 03 Pedukuhan Widoro, Bantul Moch Safii, mengungkap ada beberapa benda disita mulai dari panah, busur, dan buku. Sehari-hari, WJN berjualan soto.

Terakhir, rumah dan ponpes di Kabupaten Sleman juga digeledah Densus 88 kemarin terkait aktivitas terduga teroris. Di lokasi pertama, Densus menggeledah rumah yang berlokasi di Dawukan, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Rumah yang digeledah merupakan milik pria berinisial H. "Katanya tadi [H] sudah dibawa [petugas]," kata Ketua RW 05, Kadiyono.

Sementara itu, di lokasi kedua, Densus 88 menggeledah ruangan Ponpes Ibnul Qoyyim Dusun Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Sejumlah ruangan yang diperiksa mulai dari ruang direktur, ruang kantor, tata dan tata usaha.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebelum Meninggal, Satpam Gudang Rokok di Solo Sempat Minta Tolong

Korban kasus perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, bernama Suripto, sempat merintih meminta tolong kepada tersangka, RS alias S, 21, saat kejadian, Senin (15/11/2021) dini hari.

Sadis, Perampok & Pembunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Jalani 69 Adegan

Terdapat 69 adegan rekonstruksi kasus dugaan perampokan dan pembunuhan satpam gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.