SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Pengerjaan revitalisasi Stadion Manahan Solo dipastikan tak akan molor dari jadwal peresmian, September mendatang. Memasuki pekan kedua Juni, capaian renovasi stadion yang digadang-gadang menjadi mini Gelora Bung Karno (GBK) itu mencapai 70 persen.

Kontruksi atap tribune menyisakan seperempat bagian, sementara pemasangan kursi penonton bersistem single seat sudah separuh bagian. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Bangunan Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kusworo Darpito, mengatakan proyek yang dikerjakan lewat skema Kerja Sama Operasional (KSO) antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa itu juga tengah memasang fasad (muka bangunan) stadion.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Seperti rencana awal, fasad berbentuk kawung untuk mengakomodir unsur muatan lokal. Kami juga tengah memasang water sprinkle sebanyak enam titik di tepi lapangan untuk mendukung perawatan rumput yang sudah kami pasang lima bulanan lalu,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (14/6/2019). Rumput berjenis Zoysia japonica itu merupakan standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Menurut ahli, rumput tersebut cocok untuk negara beriklim tropis.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau GBK menggunakan Zoysia matrella. Perbedaan ini karena menyesuaikan kondisi Stadion Manahan Solo,”imbuhnya.

Pengerjaan lainnya adalah pemasangan papan skor dan persiapan mechanical electrical. Selain dalam waktu dekat, rekanan juga akan merapikan ruang ganti atlit. Kusworo mengaku proyek stadion yang menjadi markas klub sepakbola Persis Solo itu memiliki sejumlah tantangan. Salah satunya adalah masa pengerjaan yang singkat.

“Tantangan yang kami rasakan adalah pengerjaan bagian atap, waktu kami pendek tapi kami harus mengerjakan bagian itu seefektif mungkin. Bayangkan memasang rangkaian struktur atap tribune yang bentangnya 45 meter. Perlu kehati-hatian dan kewaspadaan. Saya selalu berpesan kepada teman-teman untuk boleh mengebut tapi harus hati-hati,” ucapnya.

Direktur Utama PT Datra Internusa selaku rekanan kursi penonton, Benson E. Kawengian, mengatakan tribune single seatberkapasitas 20.003 itu rinciannya, 18.679 kursi penonton reguler, 944 kursi penonton khusus disabel, dan 380 kursi penonton VIP dan VVIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya