Renovasi Stadion Manahan Solo Capai 70 Persen

Memasuki pekan kedua Juni, capaian renovasi stadion yang digadang-gadang menjadi mini Gelora Bung Karno (GBK) itu mencapai 70 persen.

Renovasi Stadion Manahan Solo Capai 70 Persen

SOLOPOS.COM - Stadion Manahan (Instagram-@manahan.solo)

Solopos.com, SOLO—Pengerjaan revitalisasi Stadion Manahan Solo dipastikan tak akan molor dari jadwal peresmian, September mendatang. Memasuki pekan kedua Juni, capaian renovasi stadion yang digadang-gadang menjadi mini Gelora Bung Karno (GBK) itu mencapai 70 persen.

Kontruksi atap tribune menyisakan seperempat bagian, sementara pemasangan kursi penonton bersistem single seat sudah separuh bagian. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Bangunan Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kusworo Darpito, mengatakan proyek yang dikerjakan lewat skema Kerja Sama Operasional (KSO) antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa itu juga tengah memasang fasad (muka bangunan) stadion.

“Seperti rencana awal, fasad berbentuk kawung untuk mengakomodir unsur muatan lokal. Kami juga tengah memasang water sprinkle sebanyak enam titik di tepi lapangan untuk mendukung perawatan rumput yang sudah kami pasang lima bulanan lalu,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (14/6/2019). Rumput berjenis Zoysia japonica itu merupakan standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Menurut ahli, rumput tersebut cocok untuk negara beriklim tropis.

“Kalau GBK menggunakan Zoysia matrella. Perbedaan ini karena menyesuaikan kondisi Stadion Manahan Solo,”imbuhnya.

Pengerjaan lainnya adalah pemasangan papan skor dan persiapan mechanical electrical. Selain dalam waktu dekat, rekanan juga akan merapikan ruang ganti atlit. Kusworo mengaku proyek stadion yang menjadi markas klub sepakbola Persis Solo itu memiliki sejumlah tantangan. Salah satunya adalah masa pengerjaan yang singkat.

“Tantangan yang kami rasakan adalah pengerjaan bagian atap, waktu kami pendek tapi kami harus mengerjakan bagian itu seefektif mungkin. Bayangkan memasang rangkaian struktur atap tribune yang bentangnya 45 meter. Perlu kehati-hatian dan kewaspadaan. Saya selalu berpesan kepada teman-teman untuk boleh mengebut tapi harus hati-hati,” ucapnya.

Direktur Utama PT Datra Internusa selaku rekanan kursi penonton, Benson E. Kawengian, mengatakan tribune single seatberkapasitas 20.003 itu rinciannya, 18.679 kursi penonton reguler, 944 kursi penonton khusus disabel, dan 380 kursi penonton VIP dan VVIP.

Berita Terkait

Berita Terkini

KRL Jogja-Solo Masih Tetap Beroperasi selama Larangan Mudik

PT KAI Commuter memastikan KRL Jogja-Solo dan KA Prameks relasi Jogja-Kutoarjo tetap beroperasi selama masa larangan mudik.

Lafal Asmaul Husna Percantik Pusat Kota Blora

Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Kisah Arbain Nugroho, ASN Gunung Kidul Setia Jadi Personel Linmas di Solo

Arbain merupakan anggota Linmas Banyuanyar yang sehari-hari juga merupakan pengajar di SD Prebutan, Semin, Gunung Kidul, DIY.

Semen Gresik Gelar Kick-Off Meeting Sistem Manajemen Anti Suap

PT Semen Gresik (SG) menggelar kick-off meeting dalam rangka penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Profil Lengkap Raditya Oloan: Dulu Pemakai Narkoba Kini Jadi Pendeta

Inilah profil lengkap dari Raditya Oloan, influencer dan juga pendeta, yang baru saja meninggal dunia setelah negatif Covid-19.

Heboh Isu Bumi Datar dalam Soal Siswa SD, Begini Jawaban Dinas Pendidikan Cimahi

Disdik Cimahi menyebut pemasangan gambar ilustrasi bumi datar tidak dimaksudkan untuk menyebarkan pemahaman bumi datar. Namun sekadar kesalahan dalam pemilihan gambar ilustrasi oleh guru.

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Ikatan Cinta 7 Mei 2021: Ada Kabar Ricky Meninggal, Elsa Bahagia

Ini dia sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 7 Mei 2021 yang menceritakan tentang Ricky yang dikabarkan meninggal.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).

Tanpa Ampun, 264 Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Pos Cemoro Sewu Magetan

Sebanyak 254 kendaraan yang kebanyakan sepeda motor dipaksa putar balik di pos penyekatan Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

SM dan YG Entertaintment Terlempar dari Saham Blue-Chip Korea, Ini Sebabnya

Dua dari tiga raksasa perusahaan hiburan di Korea yaitu SM serta YG Entertaintment tidak lagi masuk ke dalam klasifikasi blue-chip di perdagangan saham Korea.