SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Sungguh memprihatinkan apa yang dialami oleh Kantor Koramil Nglipar 04 yang terletak di Dusun Nglipar, Nglipar, Kecamatan Nglipar. Mereka terpaksa minta sumbangan warga setempat untuk merenovasi kantor yang telah berdiri sejak puluhan tahun lalu itu. Pasalnya, usulan mereka ke Pusat melalui Kodim 0730 Wonosari tidak membuahkan hasil.

Menurut Kapten Infanteri Suyitno, selaku Danramil Nglipar 04, renovasi itu perlu dilakukan mengingat kondisi kantor yang memprihatinkan. Tembok kantor pecah-pecah sementara kayu penyangga keropos bahkan nyaris roboh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sebenarnya letkol ARM Budi Eko Mulyono dari Kodim dan saya telah melaporkan hal itu kepada pusat, namun belum mendapatkan hasil,” ungkapnya saat ditemui Harian Jogja di kantornya saat sedang dilakukan renovasi, Jumat, (8/7)

Meski begitu, ia mengaku maklum jika hingga saat ini institusinya belum memberikan anggaran dalam melakukan renovasi. “TNI itu ada mencakup angkatan darat, laut dan udara. Jadi saya pikir tidak serta merta anggaran itu cair,” ungkapnya.

Atas inisatif sendiri pada 23 Februari 2011, pihak Koramil mengundang para camat, kepala desa, tokoh agama, serta pemuda karang taruna setempat yang kurang lebih berjumlah 46 orang untuk bermusyawarah. Inti dalam musyawarah itu, mereka mengaharapkan uluran dana para warga untuk ikut membantu merenovasi kantor yang juga merupakan kantor induk Koramil kecematan Gedangsari.

“Hasil musyawarah itu positif. Mereka akhirnya memberikan bantuan kepada kami dalam membangun kantor,” jelas Suyitno.

Menurut dia, warga kebanyakan menyumbang dalam bentuk material seperti besi, semen, kayu, pasir, sementara pengerjaan renovasi dilakukan para anggota Koramil. Untuk biaya operasionalnya mereka berpatungan. “Ada yang beli beras, teh, makanan kecil. Mereka patungan,” pungkasnya.(Harian Jogja/Kurniyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya