Tutup Iklan

Renovasi Citywalk Slamet Riyadi Solo Berlanjut ke Timur

Penataan jalur pedestrian Jl. Slamet Riyadi Solo bakal berlanjut. Tahun ini renovasi kawasan city walk jalan protokol tersebut masih menyasar per segmen.

Renovasi Citywalk Slamet Riyadi Solo Berlanjut ke Timur

SOLOPOS.COM - PKL nekat berjualan di dekat proyek citywalk saat CFD di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (12/8/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Penataan jalur pedestrian Jl. Slamet Riyadi Solo bakal berlanjut. Tahun ini renovasi kawasan citywalk jalan protokol tersebut masih menyasar per segmen.

Segmen tersebut yakni dari Gapura Gladak sampai ujung barat kantor Bank BCA, dari Toko Ban Jl. Kusuma Wijaya ke barat sampai ujung Jl. Gatot Subroto terus ke barat sampai Toserba Sami Luwes.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solo, Arif Nurhadi, mengatakan tiga segmen di sisi selatan itu bakal dirampungkan tahun ini. Sedangkan pada sisi utara, penataan berfokus pada penyediaan kawasan parkir.

“Sama seperti penataan sebelumnya, renovasi citywalk sebenarnya adalah perbaikan drainase. Kami mulai dari hilir terlebih dahulu, baru kemudian hulunya [sekitaran Stasiun Purwosari],” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (22/1/2019).

Arif mengatakan sistem drainase di Jl. Slamet Riyadi salah satu muaranya berada di belakang Gedung Bank Indonesia. Titik itu juga menjadi muara dari aliran air di Jl. Honggowongso sampai Toserba Sami Luwes ke timur.

Sedangkan air dari area Gendengan ke timur dialirkan ke sungai di sebelah barat Stadion Sriwedari. Arif menyebut di bawah Jl. Honggowongso terdapat saluran besar yang berukuran tiga meter untuk mendukung limpahan air dari 50-an sumur resapan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi.

Selain itu, setiap 20 meter terdapat inlet yang alirannya langsung ke saluran air. “Tahun berikutnya rencana penataan menyasar DKT ke barat sampai Purwosari,” ucap Arif.

Ihwal penataan parkir, ia menyebut kondisi sekarang parkir di di sisi utara Jl. Slamet Riyadi bagian kendaraan roda empat selalu menjorok ke jalur cepat. Sementara parkir untuk kendaraan roda dua menggunakan jalur lambat karena minim lahan.

Rencananya, jalur hijau berupa median jalan (antara jalur cepat dan jalur lambat) akan dibuka. Sela di antara pohon bisa digunakan untuk parkir kendaraan roda empat.

“Mobil bisa agak masuk ke jalur lambat, di antara pohon. Nah, roda dua parkir di antara pohon yang enggak bisa dimasuki roda empat, jadi jalur lambat bisa difungsikan optimal,” tuturnya.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Solo, Sihono, mengatakan selain citywalk, perbaikan drainase di 2019 juga menyasar saluran primer di Kawasan Manahan dan Jajar, Karangasem.

Berita Terkait

Berita Terkini

Soal Perusakan Makam Di Mojo Pasar Kliwon, Ini Kata Kapolresta Solo

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan tentang langkah polisi dalam penanganan kasus perusakan makam di Kelurahan Mojo.

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo, Ini Keunggulannya

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo pada Selasa (22/6/2021).

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.