Renovasi Citywalk Slamet Riyadi Solo Berlanjut ke Timur

Penataan jalur pedestrian Jl. Slamet Riyadi Solo bakal berlanjut. Tahun ini renovasi kawasan city walk jalan protokol tersebut masih menyasar per segmen.

Renovasi Citywalk Slamet Riyadi Solo Berlanjut ke Timur

SOLOPOS.COM - PKL nekat berjualan di dekat proyek citywalk saat CFD di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (12/8/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Penataan jalur pedestrian Jl. Slamet Riyadi Solo bakal berlanjut. Tahun ini renovasi kawasan citywalk jalan protokol tersebut masih menyasar per segmen.

Segmen tersebut yakni dari Gapura Gladak sampai ujung barat kantor Bank BCA, dari Toko Ban Jl. Kusuma Wijaya ke barat sampai ujung Jl. Gatot Subroto terus ke barat sampai Toserba Sami Luwes.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solo, Arif Nurhadi, mengatakan tiga segmen di sisi selatan itu bakal dirampungkan tahun ini. Sedangkan pada sisi utara, penataan berfokus pada penyediaan kawasan parkir.

“Sama seperti penataan sebelumnya, renovasi citywalk sebenarnya adalah perbaikan drainase. Kami mulai dari hilir terlebih dahulu, baru kemudian hulunya [sekitaran Stasiun Purwosari],” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (22/1/2019).

Arif mengatakan sistem drainase di Jl. Slamet Riyadi salah satu muaranya berada di belakang Gedung Bank Indonesia. Titik itu juga menjadi muara dari aliran air di Jl. Honggowongso sampai Toserba Sami Luwes ke timur.

Sedangkan air dari area Gendengan ke timur dialirkan ke sungai di sebelah barat Stadion Sriwedari. Arif menyebut di bawah Jl. Honggowongso terdapat saluran besar yang berukuran tiga meter untuk mendukung limpahan air dari 50-an sumur resapan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi.

Selain itu, setiap 20 meter terdapat inlet yang alirannya langsung ke saluran air. “Tahun berikutnya rencana penataan menyasar DKT ke barat sampai Purwosari,” ucap Arif.

Ihwal penataan parkir, ia menyebut kondisi sekarang parkir di di sisi utara Jl. Slamet Riyadi bagian kendaraan roda empat selalu menjorok ke jalur cepat. Sementara parkir untuk kendaraan roda dua menggunakan jalur lambat karena minim lahan.

Rencananya, jalur hijau berupa median jalan (antara jalur cepat dan jalur lambat) akan dibuka. Sela di antara pohon bisa digunakan untuk parkir kendaraan roda empat.

“Mobil bisa agak masuk ke jalur lambat, di antara pohon. Nah, roda dua parkir di antara pohon yang enggak bisa dimasuki roda empat, jadi jalur lambat bisa difungsikan optimal,” tuturnya.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Solo, Sihono, mengatakan selain citywalk, perbaikan drainase di 2019 juga menyasar saluran primer di Kawasan Manahan dan Jajar, Karangasem.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah Bagas Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo: Anak Pak Bon SD Asal Klaten & Mantan Atlet Panahan Andalan Jateng

Kisah inspiratif tentang Bagas, atlet panahan Klaten, anak pak bon SD di Jatinom dan mantan atlet pemanah andalan Jateng yang berlaga di Olimpiade Tokyo.

Gawat! Lonjakan Kasus Positif Corona di Klaten Melampaui Kudus

Jumlah kasus Corona aktif di Klaten saat ini dinilai melebihi lonjakn kasus yang sempat terjadi di Kudus beberapa waktu lalu.

Beredar Selebaran Kritikan Penanganan Covid-19, Ini Tanggapan Kapolres Kudus

Polisi turun tangan menelusuri sejumlah selebaran berisi kritikan kepada pemerintah tertempel di sejumlah ruas jalan di Kudus.

Hotel dan RS di Solo Ini Buka Layanan Isoman, Segini Tarifnya

Hotel di Solo yang membuka layanan isolasi mandiri (Isoman) bekerja sama dengan rumah sakit untuk memantau kesehatan para tamu yang positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Ortu Meninggal karena Covid-19, Bocah Yatim Piatu di Kaltim akan Dibantu Dinsos Sragen

Dinsos Sragen menindaklanjuti informasi adanya bocah berumur 10 tahun, Alviano Dafa Raharjo, yang menjadi yatim piatu karena ortu meninggal karena Covid-19.

Asale Pesanggrahan, Saksi Bisu Kejayaan Kopi di Desa Deles, Klaten pada Zaman Kolonial

Kawasan Pesanggrahan PB X di Deles, Klaten dikenal sebagai tempat yang berkaitan perkebunan kopi sekaligus tempat produksi.

WHO Ajak Seluruh Negara Lacak Asal Virus Corona

World Health Organization atau WHO menyerukan seluruh negara di dunia melacak asal-usul virus corona pemicu Covid-19.

Menengok Desa Bonyokan Klaten, Kampung Pencetak Atlet Panahan Tingkat PON hingga Olimpiade

Dukuh Bonyokan Desa Bonyokan,Jatinom, dikenal sebagai daerah pencetak atlet panahan profesional dalam beberapa tahun terakhir.

Spesifikasi Oppo A54 5G, Ponsel 4 Kamera Dengan Fitur Dazzle Color

Perusahaan smartphone asal Tingkok, Oppo, merilis produknya yakni seri A54 5G pada April lalu yang mempunyai tampilan yang elegan dan spesifikasi menarik.

Rocky Gerung Kritik Video Jokowi Kehabisan Obat di Apotik

Akademisi Rocky Gerung mengkritik aksi Presiden Joko Widodo alias Jokowi blusukan mencari obat terapi Covid-19 di apotek.

Ada Youtube Shorts, Konten Kreator Indonesia Bisa Monetisasi?

Youtube yang menghadirkan layanan Youtube Shorts sudah memperkenalkan versi beta di Indonesia. Bisakah monetisasi Youtube Shorts?

26 Tahun Paling Pas Buat Menikah, Benarkah?

Pertanyaan, "Kapan menikah," bisa jadi monster, namun sejatinya, pernahkah Anda merenung usia berapa seseorang sebaiknya menikah?