Kategori: Leisure

Rendang hingga Rawon, Inilah 9 Kuliner Khas Indonesia Dijamin Lezat


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, SOLO – Bicara soal kuliner di Indonesia sepertinya tidak akan ada habisnya. Indonesia memiliki banyak makanan khas yang sangat lezat dan nikmat.

Terlebih kuliner Indonesia menjadi salah satu masakan terlezat di dunia karena memiliki bumbu-bumbu spesial dari rempah-rempah yang cukup lengkap.

Perbedaan komposisi rempah di setiap daerah juga menghasilkan makanan enak dengan cita rasa berbeda yang akan membuat lidah setiap orang ketagihan. Berikut sembilan kuliner Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya:

Anak 5 Tahun di Solo Boleh ke Mal, Netizen: Buka Sekolah Lebih Penting!

Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari Kota Padang, Sumatra Barat. Masakan Indonesia ini merupakan salah satu makanan terlezat didunia yang disukai para pecinta kuliner. Selain menjadi primadona di negeri sendiri, rendang nyatanya juga didaulat sebagai makanan terenak di seluruh dunia versi CNN tahun 2017.

Sate

Daging yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang ini tentu saja menggugah selera makan Anda. Selain satai ayam, ada berbagai jenis sate yang terkenal di Indonesia. Sebut saja sate ayam, sate padang, sate kambing hingga sate lilit khas Bali yang lezat.

Covid-19 Solo: Awal Mula Klaster Soto di Jebres, 1 Penjual Positif Tertular Pelanggan

Bakso

Bakso adalah salah satu kuliner lezat yang umum ditemukan di Indonesia. Bakso terbuat dari campuran daging dan tepung yang dibentuk bulat. Bakso disajikan dengan kuah bening dari kaldu sapi.

Soto

Makanan yang memiliki kuah berwarna kuning ini merupakan kuliner khas Indonesia yang terkenal lezat. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Indonesia memiliki resep soto masing-masing. Seperti soto ayam Lamongan yang berisi daging ayam dengan kuah kuning segar dan taburan koya. Anda pun bisa mencoba soto Betawi yang berisi daging sapi dan bihun serta kuah kental kuning lengkap dengan emping yang akan menggugah selera.

Bujangan di Makamhaji Sukoharjo Meninggal Akibat Covid-19

Nasi goreng

Makanan khas dari Indonesia ini kerap dijadikan menu sarapan keluarga Indonesia. Cara masak yang simpel membuat makanan ini menjadi salah satu favorit orang Indonesia.

Pempek

Jika Anda mampir ke Palembang, Sumatra Selatan, pastikan untuk mencoba pempek. Makanan ini terbuat dari campuran daging ikan dan tepung yang biasanya disajikan dengan kuah asam, manis, pedas, yang sangat khas.

Gudeg

Makanan bercita rasa manis ini sangat mudah dijumpai ketika Anda berkunjung ke Jogja. Ada beberapa varian yang tersedia untuk gudeg, di antaranya adalah gudeg kering, gudeg basah dan gudeg Solo.

Klub Liga 1 Sepakat Kompetisi Lanjut 1 November

Rawon

Kuliner Indonesia yang satu ini berasal dari Jawa Timur. Masakan ini didominasi warna hitam legam yang dihasilkan dari kluwak, salah satu rempah asli Indonesia. Rawon adalah makanan sejenis soto berkuah hitam yang diisi daging sapi serta kecambah.

Opor ayam

Hidangan satu ini pasti akan sering Anda jumpai ketika momen Lebaran. Masakan yang terbuat dari bahan utama santan dan ayam ini merupakan salah satu kuliner Indonesia yang wajib dicicipi. (Monica Cahyaningrum/JIBI/Madiunpos.com)

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita
Tags: Kuliner