SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ilustrasi

Solo (Solopos.com)–Rencana pembelian lahan makam di luar Kota Solo sebagai antisipasi kritisnya lahan makam belum bisa direalisasikan pada tahun ini lantaran keterbatasan anggaran terutama pada anggaran perubahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut disampaikan salah seorang anggota Pansus Pemakaman DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, Kamis (21/7/2011).

Dia mengatakan tidak mungkin memasukkan rencana pembelian lahan makam di luar Kota Solo lantaran dana yang tersisa dalam anggaran perubahan nanti sangat terbatas.

”Wacana pembelian lahan makam di luar kota memang sempat mengemuka dalam pembahasan Pansus. Namun wacana itu tidak bisa direalisasikan karena anggaran perubahan nantinya kemungkinan sangat terbatas,” ujarnya.

Padahal, menurut Asih, Kota Solo membutuhkan tambahan lahan makam paling tidak 60 hektare (ha). Mempertimbangkan luasnya lahan makam tersebut, rencana penambahan lahan tidak mungkin bisa dilakukan di Kota Bengawan. Sehingga yang paling memungkinkan untuk ekspansi lahan makam adalah di daerah luar kota.

”Perluasan lahan makam memang solusi yang paling memungkinkan dibanding pelarangan cungkup, kijing ataupun makam tumpuk. Sebabnya, saat ini juga masih banyak pro-kontra soal apakah aturan nantinya bisa berlaku surut ataukah tidak. Memang lebih bagus apabila aturan berlaku surut, namun kan tidak tahu juga bagaimana pendapat masyarakat,” tandasnya.

Melanjutkan rencana pembelian lahan makam di luar Kota Solo, sambung Asih, dibutuhkan anggaran paling tidak Rp 120 miliar.

Ketua Pansus Pemakaman DPRD Solo, Kusrahardjo, mengungkapkan rencana pembelian lahan makam memang belum bisa dilaksanakan pada tahun ini.

”Rencana pembelian lahan itu perlu karena memang kita menghadapi krisis. Namun memang untuk realisasi belum bisa tahun ini. Tidak apa-apa kalau memang belum bisa tahun ini yang penting sudah ada rencana sebagai langkah antisipasi,” tegasnya.

(aps)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya