Rencana aksi CTI disepakati

MANADO: Rencana Aksi yang mencakup lima hal disepakati dalam KTT Segitiga Terumbu Karang "Coral Triangle Initiative" (CTI) yang melibatkan enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal, di Grand Kawanua Convention Center (GKCC), Manado, Jumat (15/5) mengatakan, KTT Segitiga Terumbu Karang atau CTI akan menghasilkan Deklarasi CTI.

Lima hal yang jadi kesepakatan dan menjadi Rencana Aksi Regional dalam Deklarasi Segitiga Terumbu Karang akan terkait dengan prioritas penjagaan kawasan segitiga terumbu karang dengan manajemen yang efektif.

Selain itu, pengelolaan ikan dan sumber daya laut lainnya dilakukan dengan pendekatan ekosistem, membuat kawasan konservasi dengan pengelolaan yang efektif, termasuk menggunakan cara pengelolaan berbasis komunitas. Aksi selanjutnya adalah adaptasi langkah pencegahan dampak perubahan iklim, dan terakhir meningkatkan perlindungan bagi spesies ikan dan biota laut yang terancam.

Konferensi ini dihadiri juga lima kepala negara/pemerintahan lain yakni Presiden Filipina Gloria M Arroyo, PM Malaysia Najib Razak, PM Kepulauan Solomon Derek Sikua, PM Papua Nugini Michael Somare dan Presiden Timor Leste Ramos Horta.(Antara/AFP)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom