SOLOPOS.COM - Ilustrasi serah terima berkas remisi narapidana (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Remisi Lebaran kali ini juga dialami warga Rutan Kelas IIB Wates

Harianjogja.com, KULONPROGO –– Sedikitnya 15 orang warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB, mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan, pada hari raya Idulfitri 1438 H/2017 M.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Remisi tersebut diberikan, usai puluhan warga binaan dan seluruh petugas lapas melaksanakan ibadah salat Idulfitri berjamaah di lapangan rutan, Minggu (25/6/2017) pagi tadi.

Kepala Rutan Kelas II B Wates, Soleh Joko Sutomo mengatakan remisi diberikan kepada tujuh orang warga binaan yang mendapatkan remisi 15 hari, dan delapan warga binaan yang mendapatkan remisi selama satu bulan. Banyak di antara penerima remisi, sebelumnya terlibat kasus pencurian dan telah berkelakuan baik selama dibina dalam rutan. Tidak ada remisi untuk pelaku tindak kriminal luar biasa. Selain itu, pada tahun ini, tidak ada warga binaan yang mendapatkan remisi khusus II atau dinyatakan bebas.

Soleh menyebutkan, remisi ini tertulis dalam Surat Keputusan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) No.W14.PAS.PAS.8-892.PK.01.05.06 Tahun 2017 tentang pemberian remisi khusus Idul Fitri 1438 H, sesuai dengam syarat dan undang-undang.

Ia berharap agar para warga binaan yang telah mendapatkan remisi tetap bisa berkelakuan baik. Untuk warga binaan yang tak mendapatkan remisi kali ini, Soleh meminta agar warga binaan tetap menghormati petugas selama di dalam rutan.

Total terdapat 72 warga binaan di Rutan Kelas II B Wates. Selain pemberian remisi, terdapat satu warga binaan yang dinyatakan bebas murni lantaran pada hari ini telah selesai menjalani masa hukuman selama enam bulan kurungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya