SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjara (prisonliaisonproject.co.uk)

Ilustrasi (prisonliaisonproject.co.uk)

WONOGIRI – Sebanyak 99 orang narapidana penghuni Rutan Kelas II B Wonogiri diusulkan mendapat remisi atau potongan masa tahanan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI. Sebagian besar juga akan mendapat remisi lagi dalam rangka Idul Fitri. Dari jumlah itu, dua di antaranya diusulkan langsung bebas pada Jumat (17/8/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari jumlah penerima remisi itu, tujuh orang di antaranya merupakan narapidana kasus korupsi pengadaan bibit ubi kayu dan 36 orang lainnya terpidana penyalahgunaan narkoba. Sedangkan 54 orang lainnya merupakan narapidana perkara pidana umum. Dari 99 orang narapidana itu, ada 84 orang yang juga diusulkan mendapat remisi Idul Fitri. Sebanyak 51 orang adalah narapidana perkara pidana umum, 31 orang merupakan narapidana pidana khusus dan dua orang lainnya diusulkan langsung bebas.

“Kali ini memang ada dua kali pemberian remisi. Sebab, ada dua peringatan yakni Hari Kemerdekaan dan Idul Fitri,” kata Kepala Rutan Kelas II B, Oga G Darmawan, melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Sri Haryanto, Rabu (15/8/2012). Ia menambahkan, besarnya remisi untuk masing-masing tahanan berbeda-beda mulai satu bulan hingga tiga bulan sesuai masa penahanan yang dijalani. “Rencananya, remisi itu akan diberikan Bupati Wonogiri saat upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Lapangan Rutan,” imbuhnya. Tapi, hingga saat ini pihaknya belum mendapat kepastian terkait jumlah narapidana yang disetujui untuk remisi. Sebab, pihaknya tengah mengambil surat keputusan di Semarang.

“Saya memang diminta menjadi inspektur upacara sekaligus memimpin penyerahan remisi kepada narapidana di rutan,” kata Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto. Ia pun berharap narapidana yang mendapat remisi dan yang langsung bebas, mampu menjaga sikap baiknya. Sehingga, mereka bisa diterima kembali di masyarakat. “Yang penting jangan mengulangi perbuatan yang pernah dilakukan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya