Relokasi Warga Bantaran Jadi Solusi Banjir di Aliran Kali Jenes Solo

Komisi III DPRD Solo menyebut warga korban banjir Kali Jenes tinggal di bantarai sungai. Solusinya agar tak kebanjiran, mereka harus direlokasi.

 Para legislator Komisi III DPRD Solo saat mengecek kondisi daerah aliran Kali Jenes Solo, tepatnya di Kelurahan Pajang, Laweyan, pada Rabu (26/1/2022). Aksi itu menindaklanjuti seringnya banjir di kawasan tersebut. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Para legislator Komisi III DPRD Solo saat mengecek kondisi daerah aliran Kali Jenes Solo, tepatnya di Kelurahan Pajang, Laweyan, pada Rabu (26/1/2022). Aksi itu menindaklanjuti seringnya banjir di kawasan tersebut. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rombongan anggota Komisi III DPRD Solo mengecek kondisi Kali Jenes Solo, tepatnya di Kelurahan Pajang, Laweyan, pada Rabu (26/1/2022). Wilayah tersebut, di antara Pajang, menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba.

Rombongan tersebut dipimpin Ketua Komisi III, YF Sukasno. Dari hasil pengecekan lapangan itu para legislator menemukan fakta mengagetkan.

PromosiJatuh Bangun Samsung, Dari Toko Mi Berubah Jadi Raksasa Elektronik

“Kami ke lokasi menanggapi keluhan warga RW 10, RW 14, RW 4 Pajang. Wah rekasa banget mlakune neng pinggiran kali. Ternyata ya kebanjiran wong itu bantaran, tapi dihuni warga,” ujar Sukasno ditemui di Pucangsawit, Sabtu (29/1/2022).

Dan parahnya, rumah-rumah tinggal warga di bantaran Kali Jenes itu ternyata sudah bersertifikat hak milik (HM). Dikarenakan area itu merupakan kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). BBWSBS mensyaratkan pengosongan lahan bantaran untuk ditalud.

Baca Juga: Peta Banjir Solo Bergeser, Giliran Laweyan dan Serengan yang Langganan

“Jadi solusinya, kalau itu kan Balai Besar kewenangannya. Lah Balai Besar mensyaratkan kalau itu [bantaran] minta diparapet atau ditalud, mereka minta Pemkot Solo untuk mengosngkan area. Artinya dengan dikosongkan itu ya otomatis warga harus direlokasi,” tutur Sukasno.

Bila direlokasi, Sukasno menyatakan bakal ada ganti rugi yang diawali dengan appraisal (penaksiran harga) aset warga di bantaran Kali Jenes. “Nanti harganya muncul. Itu satu persoalan, apa warga setuju,” ujar dia.

Bila usulan relokasi itu ditolak, Sukasno meyakini banjir di wilayah Pajang dan sepanjang aliran Kali Jenes akan terus terulang. “Kalau warga tidak setuju ya akan begitu terus. Seperti kejadian di sini [bantaran Bengawan Solo] yang dulu jumlah penghuninya ribuan. Banjir tetap ada, tapi enggak ada korban. Yang bisa dilakukan Pemkot dan DPRD meminimalkan korban banjir,” sambung dia.

Baca Juga: Belum Sebulan, Warga Laweyan Solo Dua Kali Terendam Banjir

Menurut Sukasno fenomena banjir di Solo sudah bergeser dari sebelumnya di sepanjang Bengawan Solo, menjadi ke sepanjang aliran Kali Jenes. Di RW 10 Pajang ada 46 keluarga yang tinggal di bantaran Kali Jenes, sementara di RW 14 ada 70-an keluarga.

“Di RW 4 ada [yang tinggal di bantaran Kali Jenes], tapi datanya enggak hafal. Bahkan rumahnya itu di atasnya kali, ya tetep nggelondor, bahaya itu. Semua itu tanahnya hak milik. Jadi kalau itu mau direlokasi ya, kan Pemkot Solo harus ganti rugi semua,” urai dia.

“Kita enggak mampu [pembebasan lahan]. Itu sekarang kewajibannya Balai Besar. Kalau dulu masih kita mengganggarkan, sekarang enggak. Jadi itu akan jadi persoalan rutin menurut saya,” tegas dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.

Apakah Onggo-Inggi yang Muncul di Jembatan Jurug Solo Masih Ada?

Mitosnya masih terkenal hingga sekarang, apakah sosok Onggo-Inggi yang muncul di Jembatan Jurug dan Sungai Bengawan Solo masih ada?

Letusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Dampak vulkanik letusan Gunung Lawu purba diduga sampai ke Kawasan Baturetno, Wonogiri yang mengakibatkan terbelahnya aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi daerah tersebut pada masa itu.

Inspektorat Temukan Indikasi Penyimpangan Anggaran di BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar menemukan indikasi adanya penyimpangan penggunaan anggaran di BUMDes Berjo, Ngargoyoso. Ada penggunaan anggaran yang tak sesuai perencanaan.

Banyak Pilihan, Inilah Daftar SMK Swasta di Kabupaten Sukoharjo

Inilah daftar sekolah menengah kejuruan atau SMK swasta di Kabupaten Boyolali.

Dugaan Kasus Korupsi, Inspektorat Terjunkan 5 Auditor ke BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar mengerahkan tim auditor untuk mengaudit penggunaan anggaran BUMDes Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Desa Baturan Colomadu Karanganyar Siap-siap Pilkades PAW, Ini Calonnya

Sebanyak tujuh warga mendaftar sebagai bakal calon kades pada Pilkades PAW Desa Baturan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.