SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas P3A dan KB) Solo, Hasta Gunawan, menyatakan daftar tunggu rumah di bantaran Sungai Bengawan Solo mencapai ratusan rumah. Nilai kompensasi guna relokasi tersebut diperkirakan Rp19 miliar.

Hasta menuturkan alokasi anggaran untuk relokasi tahap I senilai Rp5 miliar dari APBD dan cair Februari ini. Disampaikannya, tahap I sekitar 60 rumah bakal direlokasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahap I ini anggarannya Rp5 miliar, itu setara dengan 60 rumah. Ya nanti menerimanya satu rombongan itu langsung,” urainya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikatakannya, untuk tahap II alokasi anggaran yang disiapkan yakni Rp3 miliar yang direncanakan cair awal Maret mendatang.
“Kalau tahap II itu setara dengan 30 rumah,” ungkapnya.

Hasta mengatakan masih terdapat sejumlah warga yang tak bisa mencairkan anggaran relokasi lantaran terganjal proses administrasi. Untuk itu, pihaknya berencana kembali mengusulkan Maret mendatang. “Karena belum lengkap administrasinya. Ya ada yang kurang, tetapi mereka bersertifikat asli,” terangnya.

Lebih lanjut, Hasta mengatakan terdapat ratusan rumah yang masuk daftar tunggu dan siap untuk direlokasi. Alokasi anggaran total untuk merekolasi rumah di daftar tunggu tersebut yakni Rp19 miliar.

“Dari hitung-hitungan kami dari ratusan rumah yang ada di daftar tunggu serta untuk relokasi yang masuk pada tahap I dan II ini anggarannya senilai Rp19 miliar,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk rumah yang siap direlokasi dan masuk di daftar tunggu merupakan rumah dari warga yang secara mandiri mengajukan permohonan relokasi ke pemkot. Guna membayar kompensasi itu, Hasta berencana bakal mengajukan anggaran dari APBD Perubahan 2013 senilai Rp8 miliar. “Ya itu belum keseluruhan karena kalau total ada Rp40 miliar. Di perubahan nanti kami ajukan lagi alokasi anggaran untuk relokasi ya nilainya minimal Rp8 miliar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya