Kendaraan roda tiga, Reliant Robin. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Dulu pernah ada mobil bermerek Reliant Robin yang punya keunikan tersendiri. Jika umumnya mobil beroda empat, mobil tersebut hanya punya tiga roda. Namun sayangnya, kendaraan tersebut malah dianggap menjadi yang paling buruk rupa.

Berdasarkan survei Brits, Reliant Robin dinobatkan sebagai mobil paling jelek dan tidak menarik. Hal tersebut diperoleh dari 72 persen suara hasil survei di Inggris. Meski dianggap jelek, mobil tersebut cukup ikonik dan unik. Apalagi dengan tiga buah roda yang diusung, satu di depan dan dua di belakang.

Dilansir Suara.com mengutip Drivezing, Kamis (19/9/2019), Reliant Robin pernah menjadi mobil paling populer kedua dalam sejarah. Mobil tersebut diproduksi tahun 1973 oleh perusahaan Inggris bernama Ogle Design.

Reliant Robin memiliki kloningan bernama Reliant Regal dan Bupati Reliant yang pernah ramai dibicarakan di Bangkok, Thailand tahun 1980-an silam.

Kapasitas mesin yang diusung si mobil roda tiga awalnya hanya 750 cc, kemudian dinaikkan menjadi 850 cc.

Desainnya pun sebenarnya tak seburuk yang dibayangkan. Mobil dengan bentuk hatchback tersebut dilapisi bodi berbahan fiberglass sehingga menimbulkan kesan eksentrik.

Sayangnya, setelah 9 tahun penjualan Reliant Robin harus tutup usia alias ditarik dari pasaran.

Meski buruk, sebenarnya warga London pernah memanfaatkannya sebgai mobil pribadi yang nyaman digunakan untuk berkeliling kota.

Dan luar biasanya, reinkarnasi dari mobil tersebut masih diproduksi sampai tahun 2002 tentunya dengan modifikasi sana-sini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten